Pahamkan Ritual Ibadah Haji 708 Calhaj Batang Ikuti Bimbingan Praktik Manasik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Sebanyak 708 calhaj kemaren Sabtu (20/05) mengikuti praktik manasik haji terakhir yang dipusatkan di komplek Islamic Center Banyuputih. Hadir dalam pembukaannya Kakakemenag Batang, Kasi PHU, Kabag Kesra Setda Batang Kepala KUA Kecamatan, perwakilan IPHI dan KBIH se kabupaten Batang.

Dalam sambutannya Kakankemenag Kab. Batang H. Akhmad Farkhan mengajak para calhaj untuk berdoa kepada Allah agar diberi kekuatan dan kesehatan yang maksimal hingga pelaksanaan ibadah haji mendatang.

“ Apakah niat umroh dan hajinya masih ingat?, ayo kita mengucapkan talbiyah bersama-sama,” kata H. Akhmad Farkhan.

Dia juga memberi support pada calhaj untuk selalu mengikuti arahan dari para pembimbing dan petugas lain agar tidak kerepotan dalam beribadah. Menurutnya calhaj jangan keluar dari komunitas jamaah yang telah dibagi-bagi oleh ketua kloter, apalagi pergi soerang diri karena akan riskan terpisah dari kelompoknya.

“ Ibu-ibu jangan keluar sendirian saat di tanah suci, semua telah diatur ada ketua regu, ketua rombongan, ketua kloter serta petugas yang lain, bila ingin melakukan sesuatu keluar dari romongannya harus memberi tahukan ketua regu dan ada temannya,” tegasnya.

Selama ditanah suci dia berharap para calhaj untuk banyak-banyak berdoa dan mengikuti pengajian-pengajian yang ada. Dia berpesan jangan kaget bila ada pengajian yang isinya berbeda dengan kebiasaan kita di tanah air ikutilah apa yang diajarkan dan dibelajarkan oleh para pembimbing agar tidak kerepotan dalam beribadah.

 

“ Indonesia adalah jamaah haji terbesar seluruh Dunia, maka saya berkeyakinan kita akan dihormati oleh pemerintah Arab Saudi, selain itu kita terkenal sebagai jamaah haji yang santun, maka semua itu tetap dijaga agar jamaah Indonesia masih dalam kondisi yang baik,” pesannya.

Sementara itu Kasi PHU H. Luthfi Hakim dalam keterangannya mengatakan bahwa fihaknya menyampaikan terimakasih pada seluruh kepala KUA Kecamatan yang telah melaksanakan manasik haji ditingkat kecamatan dapat terlaksana dengan baik sesuai rencana.

“ Saya menyampaikan terimakasih pada Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam, IPHI, KBIH dan seluruh calhaj se kabupaten Batang yang telah menyukseskan kegiatan manasik haji ditingkat kecamatan spekan ini,” kata H. Luthfi Hakim.

Dia juga menyampaikan terimaksih atas support dari Pemerintah Kabupaten Batang, termasuk praktik manasik haji ini dapat dilaksanakan di komplek Islamic Center secara tertib.

“ Kita sudah 2 tahun ini menggunakan Islamic Center Banyuputih, Alhamdulillah tahun ini bangunan replica haji dan prasarana sudah lebih lengkap untuk mendukung kegiatan ini sehingga calhaj lebih nyaman,” pungkasnya. ( Zy_humas/rf )