Herman Airianto, Meski Berkursi Roda Ia Optimis Tunaikan Ibadah Haji Ke Tanah Suci

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Pada musim haji 2023, calon jemaah haji Indonesia rencana akan diberangkatkan pada bulan Mei ini. Banyak hal terkait kesiapannya seperti akomodasi, konsumsi, transportasi dan juga layanan kesehatan telah dilakukan.

Untuk Provinsi Jawa Tengah kuotanya sebanyak 30.377 jemaah,  terdiri dari haji reguler sesuai nomor urut atau antrian dan prioritas lansia sebanyak 1.519 jamaah.

Tahun 2023 memiliki tantangan tersendiri dalam penyelenggaraan haji di tanah air. Sebelumnya, ditahun 2022 lalu ada yang diberangkatkan ada pembatasan usia, yakni  maksimal 65 tahun . Kebijakan tersebut berdampak ditahun ini, calon jamaah haji yang berusia di atas 65 tahun akhirnya diberangkat sekarang.

Sejumlah 67.000 calon jamaah haji yang akan berangkat tahun ini berusia lanjut. Ini tentu membutuhkan perhatian semua pihak. Meskipun belum tentu yang berusia lanjut itu selalu merepotkan.

Di Kota Magelang, calon jamaah haji lansia yang akan diberangkatkan tahun ini ada 68 orang dari total 129 orang yang telah siap diberangkatkan.

Ditemui saat ikuti manasik tingkat kecamatan pada hari terakhir (Rabu, 17/5) di Resto Kebon Tebu, Herman Airianto 68 tahun dari Kecamatan Magelang Selatan didampingi isterinya menyatakan optimis bisa melaksanakan ibadah haji dengan baik meskipun dengan keterbatasan fisik yang dimilikinya.

”Alloh SWT telah berikan kami berdua kesempatan untuk beribadah haji dintanah suci, kami sangat bersyukur dan bahagia. Walaupun berkursi roda, saya akan laksanakan ibadah haji semampu saya, Insya Alloh akan diberikan kemudahan,” tutur Herman semangat.

Beberapa tahun yang lalu hingga kini,  Alloh berikan ganjaran berupa sakit dikaki saya karena terjatuh saat mengendarai sepeda motor. Namun hal ini bukan menjadi alasan bagi saya untuk tidak memenuhi panggilan-Nya. Apalagi isteri tercinta saya selalu sabar merawat dan membantu,” lanjunya sembari tersenyum memandangi isteri yang ada disampingnya .

Dengan mengusung tema Haji Ramah Lansia, dipastikan seluruh pemangku kepentingan yang terlibat bergandeng tangan memberikan pelayanan dan perlindungan bagi jamaah lansia sehingga ibadah berjalan dengan lancar dan sehat walafiat hingga kembali ke tanah air. (Hari/rf)