Sukarno : Layanan KUA Harus Prima, SDM Terbatas Bukan Alasan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen – Seluruh jajaran Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan di Kabupaten Kebumen diminta untuk memberikan layanan secara prima kepada masyarakat. Keterbatasan sumber daya manusia (SDM) jangan dijadikan alasan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kebumen H. Sukarno saat memberikan pembinaan pada acara Rapat Koordinasi Kepala KUA dan penghulu dilingkungannya, Selasa (23/05/23) di Aula setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Sukarno juga meminta kepada para Kepala KUA dan Penghulu dalam melaksanakan tugasnya agar mengacu pada SOP dan Standar Pelayanan yang jelas sebagaimana diamanatkan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. “Tolong segera  dicek dan dievaluasi lagi SOP dan Standar Pelayanan yang sudah ada! Jika perlu disesuaikan ya kita sesuaikan lagi, yang jelas saya minta harus mengacu pada regulasi yang ada,” pesannya.

“Sebagai seorang ASN kita harus siap melayani dan diatur. Jadi ASN ya harus siap diatur dan mau mengikuti aturan,” tambahnya.

Menurutnya, jika semuanya dilaksanakan dengan baik dan sesuai regulasi maka batasan dan hubungan yang jelas tentang hak, tanggung jawab, kewajiban, dan kewenangan seluruh pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan publik juga akan lebih tertib. Masyarakat tau hak dan kewajibannya, begitu juga sebaliknya.

Dengan begitu lanjut dia, maka secara otomatis kepercayaan masyarakat terhadap layanan KUA dan Kemenag pada umumnya juga akan meningkat.

“Saya sangat paham kondisi SDM kita sekarang sangat kurang memadai, tapi sekali lagi jangan jadikan alasan kekurangan SDM sebagai alasan untuk tidak memberikan layanan terbaik. Kekurangan SDM bisa kita tutupi dengan metode dan media, kita harus kreatif,” pungkasnya (fz/bd).