Lepas Calhaj Program Labbaika Kospin Jasa, Wawalkot Salahudin : Jaga Kekompakan Antar Jemaah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Wakil Walikota Pekalongan, H Salahudin bersilaturrahim dan melepas jama’ah calon haji dari program tabungan Labbaika Koperasi Simpan Pinjam (Kospin) Pekalongan, berlangsung di Gedung Djunaid Pekalongan, Jumat siang (19/5/2023).

Dala sambutannya, Wawalkot Salahudin mengucapkan terimakasih kepada Kospin Jasa yang telah memfasilitasi masyarakat untuk menyimpan dananya untuk berbagai kepentingan, termasuk untuk berangkat haji ke tanah suci melalui program tabungan Labbaika ini. Disamping itu, pihaknya juga menyampaikan apresiasi kepada masyarakat atau para calon jamaah haji yang menabungkan dananya ke lembaga keuangan resmi dan terpercaya, salah satunya Kospin Jasa.

“Selamat jalan dan kami mendoakan agar seluruh calhaj yang berangkat diberikan Allah SWT kekuatan, kesehatan, serta keselamatan sehingga dapat menjalankan seluruh ibadah haji dengan baik,” ucap Wawalkot Salahudin.

Wawalkot Salahudin juga mengingatkan agar seluruh calhaj fokus dan khusyuk dalam menjalankan ibadah sehingga nantinya seluruh rangkaian ibadah hajinya diterima Allah SWT. Tak lupa, pihaknya berpesan kepada seluruh calhaj, selalu menjaga nama baik Kota Pekalongan serta menjaga kekompakan antarjemaah.

“Kita ketahui daftar tunggu haji untuk Indonesia saat ini mencapai hampir 31 tahun. Bagi Calhaj yang berangkat kali ini, berarti Allah telah memberikan kemampuan dan kesempatan untuk melaksanakannya. Untuk itu, maksimalkanlah ibadah haji nantinya, selesaikan segala persoalan sebelum berangkat, luruskan niat untuk beribadah kepada Allah SWT agar mendapat haji yang mabrur. Kami berharap juga para calhaj dapat saling menjaga kebersaman dan kesehatan. Karena jangan sampai, kesehatan menjadi kendala bagi calhaj untuk melaksanakan ibadah,” tegasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Kospin Jasa Pekalongan, Noor Akwan, pelepasan calhaj tabungan labbaika Kospin Jasa Pekalongan ini merupakan calhaj dari Kota Pekalongan, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Batang, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Tegal, Kabupaten Brebes dengan total 402 orang. Menurutnya, mereka sudah melaksanakan semua tahapan persiapan ibadah haji, termasuk manasik haji.

“Kami sebagai fasilitasi pelaksanaan ibadah haji mereka melalui program tabungan labbaika Kospin Jasa melaksanakan seremonial pelepasan bagi mereka yang berangkat haji tahun ini,” tutur Wawan.

Wawan menyebutkan, calhaj yang berangkat tahun ini sudah menabung sejak lama di Kospin, paling tidak sejak tahun 2015, termasuk calhaj yang tertunda keberangkatannya ke tanah suci saat adanya pandemi Covid-19 lalu. Terlebih, untuk calhaj yang berusia lanjut juga bisa mendapatkan prioritas berangkat haji di tahun 2023 ini.

“Masyarakat yang ingin menunaikan ibadah haji melalui Kospin Jasa sangat dimungkinkan sekali, baik ikut program tabungan maupun talangan. Dengan uang Rp1 juta, ia bisa mendaftarkan porsi haji. Sebab, sekarang waiting list haji lebih dari 30 tahun. Kalau sudah memiliki uang, bismillah mantap, dengan uang Rp1 juta bisa kami daftarkan haji ke Kemenag setempat,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk tabungan labbaika Kospin, masyarakat bisa menabung pertama dengan uang Rp500 ribu, kemudian jumlah nominal tabungan setelahnya terserah dari penabung atau anggota sesuai kemampuannya.

“Kalau tabungan, kami tidak membatasi. Sementara, untuk program talangan, kami maksimal 5 tahun untuk pelunasan talangannya. Rencana mereka diberangkatkan dari Pekalongan tanggal 5 Juni pagi, kemudian terbang ke tanah Suci tanggal 6 Juni nya. Mudah-mudahan, pelaksanaan ibadah haji mereka bisa berjalan lancar baik saat melaksanakan rukun sunah dan wajib hajinya, diberi kesehatan dan keselamatan hingga kembali ke tanah air,” pungkasnya. (Tim KP/Ant/bd).