Kepala Kantor Berikan Arahkan Karu & Karom Dalam Melayani Jamaah Calon Haji

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Kantor Kementerian Agama Kota Magelang melalui Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) langsungkan kegiatan pembinaan Ketua Regu (Karu) dan Ketua Rombongan (Karom) jamaah haji Kota Magelang 1443H/2022M di Aula Kantor, (Senin 22/5).

Kepala Kantor yang didampingi Kasubbag TU dan Kasi PHU berikan arahan dan pembinaan untuk  mewujudkan Karu dan Karom yang profesional dan amanah serta bersinergi dalam kebersamaan.

menjalin kekompakan serta saling membantu dalam memberikan pelayanan kepada jamaah haji Lampung Selatan.

“Kami titipkan 129b orang Jamaah haji Kota Magelang kepada panjenengan sekalian selaku Karom dan Karu. Bimbing dan bantu jamaah dalam menunaikan rangkaian ibadah haji secara maksimal, sehingga memperolah haji yang mabrur.  Utamakan tugas dan jaga ibadah,” kata Sofia Nur.

“Seluruh Karu dan Karom harus saling membantu dalam melayani jamaah yang melaksanakan ibadah haji. Pembinaan ini merupakan bekal agar nantinya berjalan dengan lancar. Insya Alloh akan mendapatkan dua pahala, yaitu pahala ibadah dan pahala sebagai petugas, “tambahnya.

Sementara itu Kasi PHU Agus Syafe’i menjelaskan bahwa kegiatan ini tidak saja untuk saling silaturahim, namun juga untuk jalin komunikasi dan menyamakan persepsi dalan memahami tugas fungsi karu dan karom sert petugas kloter.

Pembinaan Karu dan Karom menjadi amanah UU Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh. Yang kemudian dijabarkan melalui Keputusan Menteri Agama Tentang Petunjuk Pelaksanaan Konfirmasi Pelunasan dan Pembayaran Pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji Reguler.

Keberadaan Karu dan Karom pada prinsipnya sangat dibutuhkan yang akan membantu petugas kloter dalam melayani jemaah sejak kepergian ke Tanah Suci hingga kembali ke Tanah Air.

Mudah-mudahan Allah SWT memberikan kekuatan, kesabaran dan ketabahan dalam mengemban amanah tersebut, (Hari/rf).