Siapkan Santri Bertalenta Gelar Musabaqoh Qiroatul Kutub

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Batang – Untuk menyiapkan peserta Musabaqoh Qiro’atil Kutub (MQK) tingkat Provinsi Jawa Tengah, Kemenag Kab. Batang menggelar kegiatan MQK tingkat kabupaten Batang yang pusatkan di Ponpes Darul Ulum Tragung Kandeman Batang pada Kamis (25/05) yang diikuti oleh ratusan santri utusan dari seluruh ponpes di Kab. Batang.

Kakankemenag Kab. Batang yang diwakili oleh Kasi PD. Pontren H. Sugiedi dalam sambutan pembukaannya menyampaikan terimakasih pada pengasuh Ponpes Darul Ulum Tragung yang telah menyediakan tempat dan fasilitasnya untuk suksesnya kegiatan ini.

“ Saya menyampaikan terimakasih pada pengasuh ponpes Darul Ulum yang telah menyediakan tempat dan fasilitasnya sehingga kegiatan seleksi MQK tingkat kabupaten hari ini dapat terselenggara,” kata H. Sugiedi.

Dia juga menyampaikan terimakasih pada seluruh pengasuh ponpes yang telah berpartisipasi aktif dan mengirimkan para santrinya untuk diseleksi kemampuan baca dan memahami kitab kuningnya hari ini. Menurutnya seleksi ini penting diadakan agar dapat memilih para santri yang layak untuk diikutkan berkompetisi ditingkat provinsi Jawa Tengah kedepan.

“ Saya menyampaikan terimakasih pada seluruh ponpes yang telah mengirimkan para santrinya untuk berkompetisi di MQK ini, kita berharap dapat memilih para santri yang layak untuk maju ketingkat Provinsi Jawa Tengah mendatang,” katanya.

Sugiedi juga menegaskan bahwa untuk maju ditingkat Provinsi Jawa Tengah para santri selain memiliki kemampuan membaca kitab kuning secara benar, juga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan juri yang mengait dengan apa yang telah dibaca baik kandungan haditsnya, maupun hukum-hukum nahwu sorofnya. Menurutnya inilah yang disebut dengan santri yang memiliki multi talenta.

“ Untuk dapat maju ke tingkat Provinsi Jawa Tengah kita akan memilih para santri yang benar-benar memiliki multi talenta, maksudnya selain dapat membaca, menterjemahkan hadits, santri harus mampu menjawab pertanyaan dari para juri yang berkaitan dengan hukum nahwu shorofnya ataupun keterkaitan dengan kandungan hadits itu dengan yang lainnya,” tegasnya.

Selain itu dia berpesan pada seluruh santri yang hari ini akan mengikuti seleksi MQK untuk mempersiapkan diri mengasah kemampuannya secara maksimal agar dapat tampil ditingkat Provinsi Jawa Tengah membawa harum nama Kabupaten Batang.

“ Saya berpesan pada seluruh santri yang hari ini akan mengikuti seleksi MQK untuk mempersiapkan kemampuannnya, mengasah pemahamannya agar dapat terpilih mewakili kabupaten Batang di ajang MQK tingkat Jawa Tengah,” pungkasnya.

Para juri yang dipersiapkan oleh panitia MQK kali ini diambilkan dari para Ustadz yang memiliki kemampuan dari berbagai ponpes yang ada. Para santri akan membacakan kitab-kitab yang telah ditentukan oleh para juri . (Zy_humas/rf)