Pelepasan Siswa Kelas IX MTsN 2 Brebes

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes – Beberapa hari terakhir merupakan masa-masa perpisahan siswa yang lulus dari madrasah, baik tingkat RA/TK, MI/SD, MTs/SMP, maupun MA/SMA. Begitu juga di MTs Negeri 2 Brebes yang melepas  siswa/i kelas IX dalam acara perpisahan ke-29 yang digelar di Aula Islamic Centre Brebes pada Kamis, (25/05/2023) sejak pagi hingga siang hari.

Dalam acara perpisahan tersebut, MTs Negeri 2 Brebes menyuguhkan pertunjukan seni dari perwakilan siswa kelas VII, VIII dan IX. Diantaranya adalah pertunjukan tari adat/daerah, tari kreatif, puisi, tahfidz, hadroh dan Pun para tenaga pendidik dan kependidikan yang ikut serta dalam pertunjukan tari suara mulai dari paduan suara dan lagu Qosidah yang dilantukan saat menyambut kedatangan tamu.

Yang tidak kalah penting dalam acara perpisahan tersebut adalah upacara melepas siswa/i kelas IX melalui sungkeman, pelepasan atribut, dan penyerahan siswa dari madrasah ke komite. Acara ini terasa khidmat dan penuh haru dengan iringan gamelan Jawa.

Pesan, arahan, ucapan terima kasih dan salam perpisahan disampaikan oleh berbagai pihak yang berasal dari internal madrasah dan tamu undangan. Mulai dari Kepala kantor Kementerian Agama kabupaten Brebes kepala madrasah, komite, perwakilan siswa kelas VII dan VIII serta perwakilan siswa kelas IX. Tidak sedikit yang terbawa suasana haru dan menangis saat mendengar ucapan terima kasih dari perwakilan siswa kelas VII dan VIII serta ucapan salam perpisahan dari perwakilan siswa kelas IX.

Masih dalam rangkaian acara perpisahan, MTs Negeri 2 Brebes, Drs. H. Fajarin  selaku Kepala Kantor Kementerian Kabupaten Brebes mengapresiasi prestasi siswa kelas IX baik di bidang akademik maupun non akademik. Sebanyak 15 siswa berprestasi bidang akademik dan bidang non akademik diberikan berupa uang tunai Program Kemenag Pintar sebagai bentuk penghargaan dari Kementerian Agama yang diserahkan kepada para siswa melalui  kepala madrasah.

Turut hadir orang tua/wali siswa kelas IX dan tamu undangan lainnya mulai dari Kantor Kementerian Agama Kab. Brebes, komite madarsah, para kepala sekolah SD sekitaran Brebes, tokoh agama dan tokoh masyarakat seputaran Kota Brebes. Sebagai penutup, kegiatan perpisahan ini ditutup dengan do’a, Mushofahah dan berfoto bersama.(hid/Sua)