Guru MTsN 2 Sragen Dipercaya Menjadi Petugas Upacara Hari Jadi Sragen

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Memperingati Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-277, beberapa guru MTsN 2 Sragen didapuk menjadi petugas upacara di Kecamatan Tanon pada Sabtu, (27/05/2023). Uniknya, pada upacara kali ini seluruh petugas upacara berbahasa Jawa.

Kecamatan Tanon menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-277. Bertempat di halaman Kantor Kecamatan Tanon, upacara diikuti oleh seluruh pegawai Kecamatan Tanon, Muspika Kecamatan Tanon, Kepala Dinas Instansi Kecamatan Tanon, dan Kepala Desa beserta istri se-Kecamatan Tanon. Kali ini, Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-277 mengusung tema “Bangga Sragen, Gotong Royong Nyawiji Kanggo Sukowati”.

Bertindak sebagai Pembina Upacara atau Pangarsa Upacara adalah  Camat Tanon, Rinaldhy Arief Wicaksono, S.STP, M.Si. Menurut Rinaldhy, petugas upacara kali ini berbeda dari sebelum-sebelumnya, karena seluruh peserta dan petugas mengenakan pakaian adat nusantara. Seluruh rangkaian acara dan sambutan Bupati Sragen yang dibacakan oleh  Pangarsa Upacara menggunakan bahasa Jawa sehingga upacara terasa sangat khidmat. Beberapa  guru MTsN 2 Sragen yang menjadi petugas upacara tampil dengan totalitas. Pemimpin upacara atau manggala bergada  adalah Tri Adi Makayasa, S.Pd. Sementara itu  pemimpin barisan masing-masing adalah Sunarmo, S.Pd, Supriyanto, S.Ag., M.Pd.I; dan Mei Purwanto, S.Pd. Pembawa acara  Qodariana Fauziah, M.Pd. Pembaca UUD 1945 Ulva Fauziana, M.Pd dan  Muslikah, M.Ag. sebagai pembaca sejarah Kabupaten Sragen.

Ada dua hal yang unik dari upacara ini. Pertama, seluruh petugas dan peserta upacara mengenakan pakaian adat nusantara. Kedua, seluruh petugas upacara berbahasa Jawa selama upacara berlangsung. Menurut Tri Adi Makayasa, S.Pd., sebagai manggala bergada atau pemimpin upacara, menyebutkan bahwa upacara ini menjadi tantangan baru bagi petugas upacara, terutama guru-guru MTsN 2 Sragen.

“Upacara kali ini menjadi tantangan tersendiri bagi kami. Saya sering bertugas sebgai pemimpin upacara, tetapi  ini adalah kali pertama saya menjadi pemimpin upacara menggunakan bahasa Jawa,” ucap Tri Adi.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Sragen, Drs. H.M. Aris Suparlan, M.Pd mengucapkan selamat kepada petugas upacara. Aris menyatakan bahwa dengan kesuksesan upacara kali ini sebagai bukti profesionalitas guru MTsN 2 Sragen sekaligus menunjukkan eksistensi MTsN 2 Sragen di setiap kegiatan di Kecamatan Tanon.

“Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada para petugas upacara, guru-guru MTsN 2 Sragen yang sudah bertugas dengan baik. Luar biasa. Ini membuktikan profesionalitas guru MTsN 2 Sragen yang mampu menyelesaikan setiap tugas dengan baik. Selain itu, ini wujud eksistensi madrasah di setiap kegiatan yang dilaksanakan Kecamatan Tanon,” papar Aris.

Selamat Hari Jadi Kabupaten Sragen Ke-277. Semoga semakin asri dan tetap jaya.(Zahra/Sua)