Gara Zawa Kankemenag Kota Magelang Gelar Asistensi E-AIW

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Tim Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kantor Kementerian Agama Kota Magelang langsungkan kegiatan Asistensi Pelaksanaan Elektorik Akta Ikrar Wakaf (E-AIW) di Aula Kantor, (Jum’at, 26/5).

Hadir dalam acara tersebut selian para kepala KUA Kecamatan, juga penyuluh agama Islam baik PNS maupun Non PNS, dan juga perwakilan dari ormas keagamaan Islam.

Saat menyampaikan laporannya Penyelenggara Zakat dan Wakaf Haris Tri Kusuma Edi menjelaskan jika sebenarnya banyak masyarakat yang memiliki niat untuk mewakafkan hartanya di jalan Allah namun belum tahu prosedurnya.

”Masyarakat banyak yang berniat untuk wakaf, mentasyarufkan hartanya di jalan Allloh SWT. Situasi ini harus kita respon dengan cepat dan proi aktif,” ujar Haris.

”Asistensi E-AIW sangat perlu untuk dilakukan, sehingga mempermudah proses Akta Ikrar Wakaf,” lanjutnya. Melalui aplikasi E-AIW kita bisa melakukan pendaftaran secara online dengan upload dokumen yang di persyaratkan. Jadi, berkas-berkasnya juga secara otomastis akan terdokumentasi secara digital,” lanjut penjelasannya.

Sementara itu, Kepala Kankemenag Kota Magelang dalam sambutannya mengajak keterlibatan totalitas kepada semua pihak yang terkait untuk menyukseskan program perwakafan ini.

“Saya berharap setelah dilaksanakannya Asistensi Pelaksanaan E-AIW,  maka perlu ditindaklanjuti oleh para kepala KUA Kecamatan utamanya para penyuluh agama Islam,” ajak Sofia Nur bersemangat.

”Segera berikan sosialisasi terkait E-AIW kepada masyarakat. Agar masyarakat yang hendak menafkahkan hartanya di jalan Allah baik harta bergerak, tidak bergerak maupun berupa uang memahami prosedur dan langkah-langkah yang harus dilakukannya,” tandasnya kemudian.

Asistensi yang diselenggarakan oleh Gara Zawa Kankemenag Kota Magelang ini berlangsung hingga sore hari. Pasalnya, dalam acara itu juga di bedah secara teknis dan praktik mengoperasikan aplikasi E-AIW.

Namun demikian, hingga usai acara terlihat para peserta tetap besemangat dan nyaman dalam memngikutinya. Hal ini terlihat dari senda gurau dan tawa bersama yang terkadang menyeruak saat dalam kagiatan asistensi E-AIW tersebut. (Hari/rf).