Membersamai Gubernur Jawa Tengah, Kakanwil Kemenag Jateng Hadir di Bakti Sosial Kesehatan Walubi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Magelang (Humas) – Dalam rangka menyambut Waisak 2567 BE tahun 2023, Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah Musta’in Ahmad, hadir membersamai Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di mana Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) mengadakan Bakti Sosial di Taman Lumbini, Candi Borobudur Magelang, tanggal 30 – 31 Mei 2023.

Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang berisi pengobatan gratis ini kerjasama WALUBI dengan Puskesad, Diskesau, Diskesal, Pusdokkes Polri, Dinkes Kab. Magelang, RST dr. Soedjono Magelang, RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, dan RS. Suci Paramita Balaraja Tanggerang.

Sambutan Ketua WALUBI yang diwakili Karuna Murdaya, menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan menyambut WAISAK 2567 BE tahun 2023, diantaranya membersihkan taman makam pahlawan dan bakti sosial kesehatan.

Tema nasional Waisak 2567 BE tahun 2023 adalah “Aktualisasikan Ajaran Buddha Dharma di Dalam Kehidupan Sehari-hari”, dengan sub tema “Momentum Waisak Memperkuat Persatuan dan Kesatuan Bangsa Serta Perdamaian Dunia”.

Dirjen Bimas Buddha Supriyadi mengatakan, “Tema aktualisasikan ajaran Buddha Dharma di dalam kehidupan sehari-hari yang dimaknai dengan kegiatan bakti sosial tentu memberi penguatan bagaiman kita mengembangkan kebajikan, belas kasih sebagai cerminan Budha Darma yang kita yakini,” jelasnya.

Sedangkan dalam sambutannya, Gubernur Jawa Tengah lebih menekankan pada catatan kesehatan Ibu melahirkan dan stunting pada balita. Kemiskinan ekstrim yang biasanya juga berdampak pada kesehatan buruk.

“Kegiatan ini menunjukkan Walubi mengambil bagian untuk mendukung bidang kesehatan. Stunting tidak hanya ukuran tubuh mengecil, tetapi otaknya juga kecil, dimana keluarga yang beresiko masih banyak. Maka pesan saya kepada remaja putri, tolong jangan menikah dini mendingan sekolah yang tinggi,” ucap Ganjar.(Sua/Rf)