KUA Banjarsari Menyelenggarakan Pusaka Sakinah : Bimbingan Keuangan Keluarga Bagi Pasangan Suami Istri

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta – KUA Kec Banjarsari sebagai salah satu KUA Revitalisasi menyelenggarakan Bimbingan Keuangan Keluarga dan diikuti oleh 30 orang atau 15 pasangan suami – istri (31/05) di Hotel Pose Inn. Peserta adalah suami istri dengan rentang usia 30th – 40th, dan usia pernikahan 3 – 10 tahun. Kegiatan diawali sambutan oleh Kepala KUA Banjarsari, Arbain Basyar sekaligus ketua panitia kegiatan. Arbain menyampaikan dasar-dasar pelaksanaan kegiatan PUSAKA SAKINAH. “Diselenggarakannya kegiatan Pusaka Sakinah: Bimbingan Keuangan Keluarga bahwa kementerian agama mengambil peran untuk hadir di tengah-tengah permasalahan masyarakat, yaitu salah satunya masalah perekonomian keluarga,”tuturnya. Ia berharap dengan memberikan Bimbingan Pengelolaan Keluarga, Financial Check-Up dan Tujuan Keuangan Keluarga, serta menyusun Rencana Keuangan Keluarga ,peserta yang mengikuti dapat memanagemen ekonomi keluarga sehingga mampu menjadi keluarga yang sejahtera.
Sambutan sekaligus membuka kegiatan disampaikan oleh Kepala Kementerian Agama Kota Surakarta, Hidayat Maskur. Beliau menyampaikan salah satu penyebab terbesar perceraian adalah masalah ekonomi. “Angka Perceraian di Surakarta 10 % dari jumlah kejadian nikah, dan angka ini termasuk tinggi, oleh karena itu, sebagai bentuk pencegahan, sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan ini,”ujarnya. Hidayat juga menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah bentuk dukungan bukan hanya dalam bidang agama saja, namun di bidang sosial – ekonomi juga diperhatikan agar masyarakat sejahtera tidak hanya dari sisi agama namun juga sejahtera dalam sisi ekonomi.
Kegiatan PUSAKA Sakinah di isi oleh fasilitator yang telah memiliki sertifikasi Bimbingan Keuangan Keluarga. Diantaranya Penyuluh Agama Islam Kec Jebres, Pardi menjelaskan tentang Pengantar Pengelolaan Keuangan Keluarga , selanjutnya Penyuluh Agama Islam Kab Sragen, Dewi Anisa Fatayatul Muniroh menerangkan tentang Financial Check Up, Tujuan Keuangan Keluarga, Instrumen dan resiko Investasi . Materi penutup, dsampaikan oleh Penghulu KUA Kec Banjarsari, Ghofar Ismail dengan materi Menyusun Rencana Keuangan Keluarga. (asn/my/bd)