Kakankemenag Ajak Lulusan MTsN 2 Sragen Lanjutkan ke Sekolah yang Miliki Pembiasaan Agama

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Tanon – MTs Negeri 2 Sragen menggelar tasyakuran akhirussanah kelas IX tahun 2022/2023 pada Kamis, (08/06). Bertempat di Balairung Amal Bhakti dan serambi Masjid Baitul Hikmah, sejumlah 344 siswa kelas IX beserta orang tua/wali mengikuti acara dengan khidmat.

Agenda rutin  tahunan ini dilaksanakan sebagai tanda berakhirnya masa pendidikan siswa kelas IX dengan wisuda dan pelepasan oleh Kepala Madrasah. Acara yang dihadiri Kakankemenag Kabupaten Sragen, Pengawas PAI Kabupaten Sragen, jajaran Muspika Kecamatan Tanon, Kepala SD/MI Kecamatan Tanon, Kepala Desa Ketro dan Komite MTsN 2 Sragen ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan diakhiri dengan pemberian penghargaan untuk 10 siswa berprestasi.

Mengusung tema budaya Jawa, acara diawali dengan prosesi kirab pimpinan madrasah dan segenap guru beserta karyawan MTsN 2 Sragen. Seorang cucuk lampah mengawali kirab dengan tabur bunga, diikuti pembawa bendera Merah Putih dan panji Amal Bhakti. Mas dan Mbak MTs pembawa gunungan wayang yang melambangkan dibukanya acara taksyakuran akhirussanah kelas IX. Pimpinan madrasah dan segenap guru dan karyawan masuk Balairung Amal Bhakti mengikuti cucuk lampah, pembawa bendera dan gunungan wayang diiringi gendhing oleh karawitan Cerah Laras.

Seluruh pengisi acara mulai dari MC, prakata panitia, pidato pamitan, ucapan selamat jalan dan pengisi hiburan adalah siswa kelas IX dan partisipasi siswa kelas VII dan VIII. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan penghargaan kepada 10 siswa dengan nilai terbaik dan 5 siswa tahfidzul Quran Juz 29 dan 30, serta 55 siswa tahfidzul Quran Juz 30.

Momentum paling mengharukan ialah sesi pengalungan samir oleh Kepala Madrasah didampingi Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum. Pengalungan samir ini melambangkan perjuangan, dedikasi dan prestasi siswa selama 3 tahun belajar di madrasah. Kepala MTsN 2 Sragen, Drs. H.M. Aris Suparlan, M.Pd. dalam sambutan pelepasan mengungkapkan rasa syukur dan pesan untuk orang tua.

“Alhamdulillah 344 siswa lulus dengan nilai memuaskan. Bapak Ibu wali murid di sini adalah orang tua hebat yang membesarkan anak-anak luar biasa. Tolong dilanjutkan pembinaan pembiasaan agamanya. Anak-anak sudah terbiasa salat dhuha jamaah dan tadarus setiap pagi serta salat zuhur jamaah dilanjutkan mendengarkan kultum karena pembiasaan agama merupakan investasi akhirat,” papar Aris.

Aris juga mengungkapkan doa dan harapannya untuk siswa kelas IX. “Anak-anak selamat belajar. Teruskan pribadi baikmu, teruskan pembiasaan agamamu 3 tahun ini. Ojo lali karo madrasah, madrasah ini milikmu, milik kita semua. Lanjutkan belajar, kejar cita-cita. Mudah-mudahan Allah SWT meridhoi usaha kalian,” kata Aris.

Sementara itu, Kakankemenag Kabupaten Sragen, H. Ihsan Muhadi. S.Ag., M.Si., dalam sambutannya, menyampaikan ucapan terimakasih kepada wali murid, madrasah, dan komite madrasah.

“Terimakasih kepada wali murid yang sudah mengamanahkan dan mempercayai MTsN 2 Sragen sebagai ladang untuk mencerdaskan putra-putri Bapak Ibu. Selanjutnya, terimakasih kepada kepala madrasah beserta pendidik dan tenaga kependidikan yang sudah bekerja keras membimbing anak-anak menjadi luar biasa. Saya juga berterimakasih kepada komite madrasah, yang sudah menjadi penyeimbang dan memberi masukan kepada madrasah. Semoga MTsN 2 Sragen selalu menjadi madrasah yang unggul, hebat, bermartabat, mandiri dan berprestasi,” ungkap Ihsan.

Lebih lanjut, Ihsan mengatakan “Akhirussanah bukan menjadi akhir, tapi ini adalah awal menuju jenjang berikutnya untuk mengejar cita-cita. Lanjutkan apa yang kalian dapat di madrasah. Harapan kami, lanjutkan ke sekolah yang bisa melestarikan kebiasaan baik sebelumnya, sekolah yang mempertimbangkan aspek keagamaan. Semoga kalian selalu terjaga dalam kebaikan. Dengan pembiasaan agama yang baik, Insya Allah menjadi qurrota a’yun. Semoga kalian menjadi anak yang sukses dunia akhirat,” pungkas Ihsan.

Selamat mengepakkan sayap masa depan, semoga tercapai cita-cita yang diinginkan.(zhra/Sua)