Partisipasi Masyarakat dalam Pembinaan Keagamaan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Banyak cara yang bisa digunakan untuk membentengi diri di era kebebasan informasi seperti sekarang ini. Salah satunya melalui pembekalan ilmu agama terutama bagi anak cucu. Sebagai salah satu lembaga pendidikan keagamaan, TPQ menjadi harapan masyarakat untuk memberikan bekal ilmu agama khususnya dalam hal membaca Al Qur’an kepada anak cucu mereka. Untuk itu peran guru TPQ sangat penting di tengah-tengah masyarakat. Guna meningkatkan kompetensi guru TPQ, Badan Koordinasi Lembaga Pendidikan Al Qur’an (Badko LPQ) Kabupaten Pemalang mengadakan kegiatan Pelatihan Tenaga Pendidik Al Qur’an.

“Guru TPQ adalah orang yang dipercaya oleh masyarakat untuk mengajarkan Al Qur’an kepada anak cucu mereka. Baik buruk bacaan mereka tergantung kualitas bacaan Bapak Ibu guru TPQ. Oleh karena itu, sangat tepat diadakan pelatihan seperti ini, agar kualitas bacaan anak-anak kita juga semakin bagus,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang Roziqun, saat memberikan sambutan dalam kegiatan Pelatihan Tenaga Pendidik Al Qur’an hari kedua pada hari Selasa (11/7) di Gedung BAZNAS Kabupaten Pemalang.

Pembinaan keagamaan khususnya peningkatan kompetensi guru TPQ tidak bisa hanya menjadi tanggung jawab pemerintah. Dibutuhkan partisipasi masyarakat sebagaimana pelatihan yang diadakan oleh Badko LPQ Kabupaten Pemalang. Badko LPQ bekerja sama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang mengadakan kegiatan Pelatihan Tenaga Pendidik Al Qur’an selama tiga hari dari tanggal 10 Juli sampai dengan 12 Juli 2023.

“Pembinaan keagamaan ini tak akan selesai oleh pemerintah saja, butuh partisipasi masyarakat baik dari lembaga atau ormas keislaman. Oleh karena itu, atas nama pemerintah kami sangat berterima kasih kepada Badko LPQ Kabupaten Pemalang yang telah bekerja sama dengan salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Pemalang yaitu STIT Pemalang,” jelas Roziqun.

Kegiatan Pelatihan Tenaga Pendidik Al Qur’an hari kedua menyasar 371 orang guru TPQ dari Kecamatan Ulujami, Bodeh, Comal, Taman, dan Ampegading. Kegiatan dilaksanakan di Aula BAZNAS Kabupaten Pemalang dan Pondok Pesantren Salafiyah Pemalang.

“Pelatihan ini diadakan Badko LPQ guna menambah pengetahuan guru-guru TPQ kita terkait membaca Al Qur’an secara baik dan benar,” ujar Ketua Badko LPQ Kabupaten Pemalang Agus Muhktasim Billah dalam laporannya. Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua STIT Pemalang Amiroh dan Ketua BAZNAS Kabupaten Pemalang Agus Nurkholis. (af/fi/rf)