Matsama MA Al Mizan untuk Pembentukan Karakter

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Tahun pelajaran 2023/2024 bagi siswa madrasah di Kabupaten Pemalang diawali pada hari ini, Senin (17/7/2023). Bagi siswa yang baru memasuki tahun pertama di madrasah umumnya mengikuti kegiatan Matsama, yaitu Masa Taaruf Siswa Madrasah. Demikian juga bagi siswa madrasah baru di MA Al Mizan Kalimas, Kecamatan Randudongkal, Kabupaten Pemalang. Mereka akan mengikuti Matsama selama tiga hari dari tanggal 17, 18, dan 20 Juli 2023.

“Matsama menjadi momen penting bagi siswa-siswi baru untuk beradaptasi dengan Madrasah Aliyah Al Mizan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan komprehensif tentang aturan dan norma madrasah khususnya di lingkungan MA Al Mizan, agar siswa baru dapat mengenal lingkungan baru mereka,” kata Kepala MA Al Mizan, Jazuli dalam keterangannya.

Selama Matsama, para siswa baru akan mengikuti serangkaian kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kolaborasi. Rangkaian kegiatan ini meliputi diskusi kelompok, ice-breaking, permainan tim, orientasi mengenai kegiatan ekstrakurikuler, kegiatan baris berbaris, dan kegiatan kegiatan yang menunjang pempelajaran siswa.

Diharapkan kegiatan-kegiatan ini akan membantu siswa baru merasa lebih nyaman dan terlibat aktif dalam kehidupan madrasah. Juga memberikan kesempatan kepada siswa baru untuk berinteraksi dengan para guru dan staf sekolah. Pada sesi pengenalan guru, siswa baru dapat berkenalan dan mengenal para guru yang akan membimbing mereka selama masa belajar di sekolah. Sesi ini juga memberikan kesempatan bagi siswa baru untuk bertanya tentang mata pelajaran, kurikulum, dan berbagai fasilitas yang tersedia di sekolah.

Matsama juga akan diisi dengan kegiatan kebersihan lingkungan MA Al Mizan. Para siswa akan berpartisipasi dalam kegiatan membersihkan halaman madrasah, merawat taman, dan melakukan penanaman pohon. Diharapkan, melalui kegiatan ini, siswa baru akan memahami pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sekolah serta menjadi agen perubahan yang bertanggung jawab.

Matsama tidak hanya fokus pada aspek akademik, tetapi juga mengutamakan pengembangan karakter siswa. Selama kegiatan tersebut, siswa baru akan diperkenalkan dengan nilai-nilai madrasah seperti disiplin, kerjasama, tanggung jawab, dan integritas. Pembentukan karakter yang baik merupakan salah satu tujuan utama dari Matsama.

“Kami berharap Matsama berjalan dengan sukses dan antusiasme yang tinggi. Para siswa baru rupa-rupanya terlihat semangat dan sangat antusias dan bersemangat mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan. Melalui Matsama tahun ini, diharapkan siswa baru dapat merasa lebih percaya diri dan siap menghadapi perjalanan kegiatan pembelajaran di MA Al Mizan sebagai wahana baru di lingkungan belajar baru, teman baru, dan suasana baru baru. MA Al Mizan berharap agar Matsama  ini dapat menjadi awal yang baik bagi siswa baru untuk mengenal madrasah sebagai tempat berlayar, berselancar serta tempat berlabuh para siswa  dalam menggapai dan menyongsong masa depan nan gemilang para siswa,” harapnya. (havid/fi/rf)