Seorang Jemaah Haji Meninggal Dunia di Pesawat

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Di tengah-tengah kegembiraan jemaah haji Kabupaten Pemalang kloter 38 SOC yang akan tiba di tanah air, terselip kabar duka. Seorang jemaah haji bernama Sutinah binti Narijan dari Desa Losari Kecamatan Ampelgading meninggal dunia pada hari Senin (17/7/2023) saat berada di dalam pesawat yang sedang membawa jemaah menuju Bandara Adi Soemarmo Surakarta.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang, Amin Wijayanti dari Asrama Haji Donohudan. Sesampainya di bandara, jenazah di bawa ke RSAU dr. Siswanto.

Selanjutnya, jenazah diserahterimakan dari PPIH Embarkasi Solo kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang yang diwakili oleh Kepala Bagian Kesra Setda Kabupaten Pemalang, Sukisman dengan didampingi oleh Kasi PHU Kankemenag Kabupaten Pemalang.

“Malam ini kami menerima serah terima jenazah dari PPIH Embarkasi Solo kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang atas nama almarhumah ibu Sutinah. Jenazah akan kami bawa pulang ke rumah duka, semoga perjalanan lancar sampai ke rumah duka,” kata Sukisman.

Sementara itu, setelah prosesi serah terima jemaah haji kloter 38 SOC dari PPIH Embarkasi Solo kepada Pemerintah Kabupaten Pemalang, rombongan jemaah haji meninggalkan Asrama Haji Donohudan pada jam 19.40 WIB. Rombongan yang dibawa oleh delapan armada bus, menuju ke Pendopo Kabupaten Pemalang.

Namun menurut penuturan Ahsin Falahi selaku pelaksana kehumasan Kankemenag Kabupaten Pemalang, ada tiga orang jemaah yang pulang dengan menggunakan mobil ambulans. Ketiga jemaah tersebut atas nama Johan dari Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang, Kartono dari Desa Tegalmlati Kecamatan Petarukan, dan Haryati dari Kelurahan Mulyoharjo Kecamatan Pemalang. Kondisi ketiganya tidak stabil dan dikawal tenaga medis dr. Indit Rusdiati.

Rombongan jemaah haji kloter 38 SOC tiba di Pendopo pada hari Selasa (18/7/2023) jam 23.10 WIB. Kedatangan jemaah disambut oleh Plh. Bupati Pemalang, Muhammad Sidik bersama Kepala OPD di lingkungan Pemda Kabupaten Pemalang serta para Kasi dan Gara Zawa Kankemenag Kabupaten Pemalang. Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat turut serta sebagai jemaah haji kloter 38 SOC. (fi/rf)