236 Peserta Didik Baru MTsN 4 Rembang Antusias Ikuti Tes Seleksi kelas Bilingual 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang — Sebanyak 236 siswa baru Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 4 Rembang antusias mengikuti teks seleksi kelas bilingual, Sabtu (22/7). Peserta didik baru bersaing untuk memperebutkan 96 kursi yang terbagi dalam tiga kelas.

Kelas bilingual merupakan salah satu pilihan kelas yang ada di MTsN 4 Rembang yang didesain dengan menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar dalam kegiatan belajar-mengajar selain Bahasa Indonesia. Di kelas bilingual juga terdapat tambahan pelajaran secara khusus yang mengupas tentang bahasa Inggris secara intensif setelah kegiatan belajar mengajar reguler selesai.

Kepala MTsN 4 Rembang, Teguh Santosa mengatakan, tes seleksi bilingual ini dilaksanakan untuk menyaring peserta didik baru yang memiliki kemampuan dan keinginan dalam bahasa Inggris. “Bahasa Inggris merupakan salah satu kemampuan yang penting untuk dikuasi, mengingat Bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris akan lebih mudah mengambil peluang-peluang di masa mendatang, baik dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja,” ujarnya.

Hal senada disampaikan oleh Kepala program Bilingual MTsN 4 Rembang, Nurul Hidayati. Saat diwawancai, beliau menyampaikan akan ada tiga kelas bilingual yakni kelas bilingual-bahasa, kelas bilingual-Sains, dan kelas bilingual-riset.

“Nantinya setelah hasil tes diperoleh maka akan diperingkat dan siswa memiliki peringkat baik maka akan masuk dalam kelas bilingual. Namun demikian, bagi anak yang nilai tesnya rendah, tetapi memiliki keinginan yang kuat dan didukung oleh orangtua/wali siswa masuk kelas bilingual, maka akan dipertimbangkan,” lanjutnya.

Salah satu siswa baru yang mengikuti tes seleksi, Erlangga (VII) menyebutkan sangat antusias saat mengikuti tes seleksi tersebut. “Soalnya lumayan susah, tetapi masih optimis lolos seleksi,” ujarnya.

Saat ini, MTsN 4 Rembang sudah memiliki kelas bilingual, yakni kelas IX sebanyak tiga kelas dan kelas VIII tiga kelas.(iq/rf).