Tim P5 P2RA Madtsansa Bersiap Sukseskan Projek Perdana “Muter Lampah, Mutiara Tersembunyi Dalam Sampah”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

BanjarnegaraM – ateri P5: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan P2RA: Profil Pelajar Rohmatan Lil’alamin di madrasah termasuk dalam kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter siswa. P5 disesuaikan dengan profil pelajar Pancasila dan penguatan pelajar Rohmatan Lil’alamin yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan. Dalam praktiknya, pelaksanaan P5 P2RA dilakukan secara fleksibel dari segi muatan, kegiatan, dan waktu pelaksanaan.

Setelah sukses melaksanakan 3 projek P5 P2RA di tahun pertama pengimplementasian kurikulum merdeka di Madtsansa, tim P5 P2RA bergegas menyiapkan projek perdana untuk tema pertama dan memulai kegiatannya sesuai dengan program yang sudah direncanakan dalam dokumen  Kurikulum Operasional Madrasah (KOM).

Dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan  dan keteladanan (qudwah), Projek pertama yang mengemas topik “Muter Lampah, Mutiara Tersembunyi Dalam Sampah” maka tim P5 P2RA Madtsansa pada Sabtu (22/7) mengadakan rapat koordinasi di ruang kelas IX A yang dipandu oleh Yuniyati, wakil kepala urusan kurikulum MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Yuniyati menyampaikan bahwa rapat koordinasi perdana tim P5 P2RA tema pertama yang diketuai oleh Musfiatul Muniroh adalah untuk memantapkan job description setiap anggota tim sesuai dengan desain perencanaan projek yang sudah dibuat di awal semester.

“Rapat koordinasi kali ini adalah memantapkan job description dari setiap anggota tim yang disesuaikan dengan desain perencanaan projek yang sudah kita buat di awal semester dan termaktub dalam kurikulum operasional madrasah yang telah disahkan oleh kementerian agama,’ ujar Yuniyati setelah kegiatan rapat koordinasi.

Lebih lanjut Yuniyati menyampaikan bahwa desain perencanaan projek kedua meliputi 5 aktivitas kegiatan yakni pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut.

“Lima tahapan aktivitas ini sudah kita siapkan dalam schedule yang sudah dilengkapi dengan waktu pelaksanaan, bentuk kegiatan dan penanggung jawab kegiatan. Semoga semua akan dapat berjalan dengan lancar sesuai rencana dan harapan,” pungkas Yuniyati.

Eko Widodo selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam arahannya menyampaikan dukungan penuh terhadap seluruh tim.

“Alhamdulillah ini tahun kedua kita dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Jika tahun lalu kita melaksanakan secara mandiri maka tahun ini kita sudah mendapatkan SK dari kementerian yang artinya setiap kegiatan akan dipantau langsung oleh kementerian melalui pengawas madrasah.” Ucap Eko Widodo.

“Saya optimis seluruh tema yang telah direncanakan akan dapat berjalan lancar. Semangat bekerja ibu bapak guru hebat Madtsansa, semoga Allah Swt senantiasa meridhoi setiap langkah kita demi siswa siswi Madtsansa, generasi muda Banjarnegara,” imbuhnya.

Sementara itu menurut Musfiatul Muniroh selaku ketua tim mengaku siap untuk memulai kegiatan projek kedua P5 Profil Pelajar Rohmatan Lil’alamin Madtsansa di pekan keempat Juli ini.

“Agak sama dengan tema kedua di tahun pelajaran lalu dimana anak anak melakukan aksi peduli lingkungan yang disempitkan kepada sungai Serayu, kali ini kita akan aksi kepedulian kepada sampah dengan menyebutnya sebagai mutiara,” papar Musfiatul Muniroh.

Sesuai dengan schedule yang telah disepakati, kegiatan projek perdana P5 P2RA Madtsansa akan dimulai pada pekan keempat bulan Juli. (Lin/rf)