Kenalkan Ekstra Fotografi, Fitriyanto: DARI MATA, UNTUK LENSA, MENUJU DUNIA”

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Fotografi sebagai salah satu bidang seni dan keterampilan olah visual berbasis citra foto. Dalam kebutuhan perkembangan era teknologi informasi dan komunikasi saat ini, kebutuhan penyajian informasi dan karya seni olah foto pun banyak menyerap tenaga kreatif muda untuk terjun dan berkarya di bidang ini.

Pada Kamis, (27/7/23) Fitriyanto selaku pembimbing ekstra fotografi dan sinematografi MTs N 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa Ekstrakurikuler fotografi dapat menjadi sarana belajar fotografi bagi siswa siswi di sekolah.

“Berbagai teknik memotret akan dijabarkan dan dipraktikkan langsung oleh siswa peserta ekskul fotografi.  Mereka diharapkan mampu menguasai dengan baik dan benar berbagai teknik pemotretan yang diajarkan,” terang Fitri saat ditemui di MTs N 1 Banjarnegara.

Menurutnya, penguasaan kamera dan Lensa dengan baik untuk mengatur cahaya yang ada, penempatan obyek atau subyek yang akan dan harus diambil  serta memahami komposisi dan teknik pemotretan yang digunakan menjadi dasar siswa untuk mendapatkan foto-foto yang baik.

Sementara di tahun pelajaran baru 2023/2024 ini, Fitriyanto juga berharap bahwa anggota baru ekstra fotografi dan sinematografi mampu mengenal bagian dan fungsi kamera, praktik minimalist photography, dapat memahami bagaimana foto yang dihasilkan dan mengambil gambar seindah mungkin.

“Nilai-nilai estetika tentu harus dikuasai oleh siswa yang mengikuti ekstra fotografi, bagaimana foto yang dihasilkan nantinya terlihat indah, jernih, artistic dan dapat dinikmati, mempraktikkan dan mengambil gambar seindah mungkin melalui foto produk dan makanan, membuat suatu objek foto yang bernilai jual atau untuk produk iklan, mengenal teori dasar tentang pembuatan film dan membuat sebuah film pendek,” tegasnya. (ran/rf)