MTs N 1  Banjarnegara Budayakan Ngaji Morning

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara-Pendidikan merupakan komponen terpenting dalam pembentukan karakter seseorang. Lembaga-lembaga pendidikan berupaya untuk memberikan program terbaik untuk menghasilkan peserta didik dengan karakter yang baik.

Selain karakter, pada Rabu, (26/7/23) MTs N 1 Banjarnegara juga menuntun peserta didik untuk sampai kepada keselamatan dan kebahagiaan sesuai dengan kodrat mereka. Hal ini sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara, yaitu menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, kodrat alam dan kodrat zaman, agar mereka dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan.

Sebagaimana diketahui, MTs N 1 Banjarnegara telah melakukan inovasi berbagai hal dalam budaya positif bagi peserta didik. Salah satunya dengan pembiasaan ngaji morning.

Eko Widodo selaku Kepala MTs N 1 Banjarnegara menyebut bahwa ngaji morning akan menumbuhkan kemandirian, reflektif dan menjadikan pribadi lebih baik.

“Penghafal  Al Quran dapat memberikan mahkota di Surga untuk orang tua, terbebas dari siksa dan masih banyak lagi,” terang Eko Widodo.

Budaya positif ngaji morning perlu mendapat dukungan dari seluruh guru dan karyawan, peserta didik dan semua komponen dalam sekolah. Kegiatan ngaji morning mampu menciptakan budaya disiplin bagi seluruh warga sekolah.

Adapun tujuan ngaji morning di MTs N 1 Banjarnegara antara lain menumbuhkan kebiasaan membaca dan menghafal Al Quran setiap hari, tumbuh dalam hati peserta didik untuk mencintai Al Quran serta peserta didik akan mendapat keutamaan kecerdasan otak, kecerdasan spiritual, disisi yang lain ikut memelihara Al Qur’an akan mendapat syafaat, memberi mahkota kemuliaan bagi orang tua di surga, serta mendapat derajat tinggi. (ran/rf)