Lewat Kartu Jumbo, Siswa MI Islamiyah 01 Rakit Belajar Mengenal Dan Mengurutkan Bilangan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara – Pembelajaran yang menyenangkan dengan menggunakan media yang tepat adalah impian dan keinginan semua guru.

Hal ini juga yang menjadi keinginan dari Atun Farida guru kelas 1 MI Islamiyah 01 dalam melaksanakan kewajibannya mendidik dan mengajar siswanya setiap hari dia berupaya untuk memberikan pengalaman belajar yang berkesan dan menyenangkan bagi semua siswanya.

Seperti pada hari ini Rabu (2/8) kelas 1 MI Islamiyah 01 Rakit melaksanakan pembelajaran mengenal bilangan 1-20 dengan media kartu jumbo. Dalam pembelajaran ini siswa diberi penjelasan dulu mengena materi dan di perlihatkan bilangan dengan ukuran yang sangat besar, siswa diajak untuk mengucapkan bilangan-bilangan yang guru tunjukkan dengan kartu jumbo. Kemudian siswa maju satu persatu untuk mengurutkan bilangan yang sudah diacak oleh guru , jika sudah tersusun berurutan kemudian siswa menyebutkannya satu persatu.

Dalam kegiatan ini anak-anak kelihatan semangat dan focus mengikuti semua arahan dan tugas dari gurunya. Menurut Atun Farida, kelas 1 setiap harinya mesti diberi materi dan kegiatan yang berkaitan dengan calistung, karena masih banyak yang belum bisa membaca, menulis rapi dan berhitung dengan benar. “ Saya setiap harinya mesti memberi materi calistung karena masih banyak siswa yang belum bisa membaca, menulis  dengan rapi dan berhitung dengan benar” jelasnya.

Jadi untuk mewujudkan agar siswa cepat bisa membaca, menulis dan berhitung sesuai dengan harapan maka siswa kelas 1 MI Islamiyah setiap hari diberi materi yang berkaitan dengan calistung dengan berbagai media dan metode supaya anak-anak tidak bosan.

Seperti yang disampaikan oleh salah satu siswa kelas 1 MI Islamiyah yang bernama Afika Izzatunisa, dia menyampaikan katanya senang belajar tiap harinya karena selalu ada permainan baru. “ Aku tidak merasa bosan setiap hari belajar dengan bu guru soalnya selalu ada permainan baru” ungkapnya.

Dengan menggunakan media yang sangat sederhana ini anak-anak menikmati semua rangkaian kegiatan pembelajaran hari ini dengan senang, semangat, dan cepat memahami materi yang disampaikan.

Semoga dengan adanya pembelajaran yang menggunakan media disisipi permainan akan menjadi model pembelajaran yang banyak digunakan oleh guru untuk memudahkan siswa dalam menerima pesan ilmu dari gurunya atau transfer of knowledge tersampaikan. (af/rf)