MIN 4 Kebumen Juara III Satuan Pendidikan Ramah Anak Tingkat Kabupaten 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kebumen.- Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 4 Kebumen meraih juara ketiga Lomba Satuan Pendidikan Ramah Anak Kabupaten Kebumen Tahun 2023. Penghargaan diberikan langsung oleh Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto di Pendopo Kabumian, Rabu (2/8/2023).

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat kepada sekolah atau madrasah yang telah menjadi juara. Ia a juga menyampaikan harapannya semoga penghargaan ini bisa menstimulus sekolah lain untuk mengikuti program Sekolah Ramah Anak. Karena menurutnya, perilaku ramah anak sangat penting dan berpengaruh bagi perkembangan mental anak ke depannya.

“Perilaku ramah terhadap anak harus selalu kita terapkan. Kita harus menyadari bahwa hal ini penting bagi mental anak sebagai calon generasi penerus. Dan saat ini fasilitas umum seperti alun-alun di Kebumen juga direnovasi dengan berorientasi ramah terhadap anak” ungkap bupati.

Kepala MIN 4 Kebumen melalui Koordinator Bidang Kesiswaan, Akhmad Nasikin juga turut bangga atas capaian ini.

“Alhamdulillah saya secara pribadi merasa senang! Walaupun peringkat ketiga tapi patut untuk kita syukuri. Terima kasih kepada rekan sejawat, komite, persatuan wali peserta didik, dan berbagai pihak yang telah membantu keberhasilan ini. Terima kasih kami sampaikan juga untuk pihak Kementerian Agama Kabupaten Kebumen yang telah memfasilitasi MIN 4 sampai pada titik ini.”ungkap Nasikin.

Sekolah Ramah Anak adalah satuan pendidikan yang memiliki karakteristik mampu melindungi hak-hak anak serta menjadi garda terdepan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang berorientasi pada anak. Sekolah Ramah Anak mendukung partisipasi anak dalam pemenuhan hak dasar, yaitu mendapat pendidikan yang layak.

Adapun hasil lengkap Lomba Satuan Pendidikan Ramah Anak Kabupaten Kebumen Tahun 2023 adalah sebagai berikut :

  1. SD Muhammadiyah Kebumen
  2. SDN 1 Pejagoan
  3. MIN 4 Kebumen
  4. SD IT Ibnu Abbas
  5. SDN Sitirejo, Kecamatan Klirong(muhamim/fz/bd).