Pentingnya Evaluasi Berkala untuk Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Madrasah Dalam Memberikan Pelayanan yang Lebih Baik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Sragen – Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen (MAN 2 Sragen) kembali menggelar Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) empat tahunan, sebuah evaluasi rutin yang dilakukan untuk memastikan kualitas kepemimpinan dan pengelolaan pendidikan di lembaga tersebut. Acara PKKM berlangsung selama dua hari, dimulai pada 2 hingga 3 Agustus 2023. Penilaian ini menyoroti peran kepala madrasah dalam usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerial, pengembangan kewirausahaan, supervisi kepada guru dan tenaga pendidikan serta hasil kinerja kepala Madrasah.

Para penilai yang terlibat dalam acara ini adalah tim penilai dari Penma kanwil Kemenag Provinsi Jawa tengah, Penma Kemenag Kabupaten Sragen, Pengawas, Pendidik, Tenaga Pendidik dan Komite. Proses penilaian dilakukan secara obyektif dan transparan, dengan menggunakan berbagai indikator kinerja kepala madrasah yang telah ditetapkan sebelumnya. Dalam kegiatan ini ikut hadir Kabid Penma Kanwil Jateng, Ahmad Faridi sebagai tim penilai. Dalam sambutannya Ahmad Faridi mengungkapkan rasa bangganya kepada seluruh warga madrasah yang telah berusaha semaksimal dalam rangka mempersiapkan kegiatan PKKM ini. Beliau berpesan agar terus menjaga kepercayaan masyarakat kepada madrasah dengan membenahi segala hal baik berkaitan tentang proses belajar mengajar maupun sarana prasana. Saat ini kepercayaan masyarakat mengalami peningkatan ditandai dengan adanya kenaikan jumlah siswa yang melamar di Madrasah yakni minimal 5% saat PPDB dihampir semua Madrasah khususnya Madrasah-Madrasah di Kanwil Jawa Tengah.

Kepala Madrasah Aliyah Negeri 2 Sragen, Bapak Mariyo, menyambut baik pelaksanaan PKKM ini dan menyatakan kesiapannya untuk menjalani proses penilaian. Beliau menyadari pentingnya evaluasi secara berkala untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan Madrasah dan memberikan pelayanan yang lebih baik bagi para siswa.

Dalam sambutannya, Bapak Mariyo mengungkapkan, “PKKM ini adalah momentum yang berharga bagi kita semua untuk memperbaiki diri dan merenungkan kinerja kita dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pendidikan generasi muda. Saya berharap hasil dari penilaian ini dapat menjadi panduan bagi kami dalam mengembangkan program-program unggulan dan merumuskan strategi yang lebih efektif untuk mencapai visi dan misi MAN 2 Sragen, selain itu dapat meningkatkan tata kelola madrasah secara profesional dan melibatkan semua komponen madrasah mulai dari kepala madrasah, pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan komite serta meningkatnya support dari masyarakat dalam standar pembiayaan.”

Dengan diselenggarakannya PKKM empat tahunan, diharapkan MAN 2 Sragen dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar dalam mencetak generasi muda yang berkualitas, berdaya saing, dan memiliki kepekaan terhadap nilai-nilai keislaman dan kebangsaan. Semoga kegiatan ini berjalan lancar dan memberikan hasil yang positif bagi kemajuan pendidikan di Sragen.(Sragen/Sua)