Tingkatkan Kepedulian  Siswa Melalui Kegiatan PERSARI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas: Sebanyak 60 Siswa kelas 3 dan 4 MI Robithotut Talamidz Gumelar Lor mengikuti kegiatan Perkemahan Satu Hari (Persari) , kegiatan rutin yang diadakan setiap tahun ini diadakan di halaman madrasah. Kamis (9/8)

Perkemahan Satu Hari, atau yang sering disingkat PERSARI adalah sebuah kegiatan perkemahan  yang dilakukan oleh Pramuka tingkat siaga. Pada Sekolah Dasar, tingkatan siaga merupakan tingkatan  pada kelas kecil. Pada madrasah kami kegiatan PERSARI. Pramuka menjadi sarana untuk membina karakter, melatih beberapa keterampilan, dan  menjadi sosok berguna bagi masyarakat dan bangsa.

Terbagi ke dalam beberapa regu yang disebut dengan barung, kegiatan ini dikemas dalam bentuk  aneka kegiatan kepramukaan. Mulai dari baris-berbaris, ketangkasan, kepramukaan, keagamaan,  talitemali dan yang paling membuat mereka bersemangat Yel-Yel.

Kepala MI Robithotut Talamidz  Khumayah menyampaikan bahwa dengan mengikuti PERSARI banyak pesan penting dalam  kegiatan ini. Dengan karakter pramuka siaga yang cukup unik, pribadi aktif dan tak pernah diam menuntut Pembina harus cakap dan jeli dalam mebawakan pesan pesan kepada mereka.

Warna kolong hasduk yang mereka kenakan masih berwarna hijau, bukan merah. Mereka juga  tak membawa alat perkemahan layaknya perkemahan pramuka pada umumnya. Tak ada pula acara  menginap atau kegiatan api unggun. Namun, keseruan dan pelajaran yang mereka dapat tak kalah seru  dengan apa yang dilakukan oleh kakak-kakak mereka yang sudah mengenakan kolong hasduk berwarna  merah.

“ Maka, bukan kegiatan yang mengekang dan mengharuskan untuk menerima peraturan ketat  yang menjadi tumpuan kegiatan. Tapi, kegiatan yang bisa mengendalikan egoisme, merasa memiliki  teman, peduli, dan dapat mengekspresikan keaktifannyalah yang merupakan tumpuan kegiatan ini.  Menarik dan menyenangkan, namun tetap memberi semangat nilai-nilai pramuka. “ terangnya.

Kepala kantor Kemenag Banyumas, melalui Kasi Pendma Edi Sungkowo menjelaskan, Kantor Kemenag Banyumas sangat mendukung dengan adanya kegiatan kepramukaan seperti PERSARI yang diadakan oleh madrasah.

“ Kepramukaan adalah salah satu kegiatan positif yang sudah menjadi program pemerintah sebagai salah pengembangan pribadi pribadi yang handal, percaya diri, dan terampil. Hal ini sesuai dengan Kurikulum Merdeka, harapan kita pramuka di madrasah dapat berkembang karena mendukung Kurikulum Merdeka .(yud/rf)