Pramuka di Madrasah Semakin Semarak

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang – Perkemahan Pramuka dan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) KKMI 01 dan KKMI 02 Kabupaten Pemalang resmi digelar. Upacara pembukaan dilaksanakan di lapangan Desa Pamutih, Kecamatan Ulujami, Sabtu (12/8/2023). Turut hadir dalam pembukaan ini, Roziqun, Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pemalang, Kak Sukarso selaku Ketua Kwarcab Pemalang, Pengawas MI, Kepala MI, Ketua Kwaran Ulujami, Kapolsek Ulujami, Kepala Desa Pamutih, Pengurus ranting NU beserta badan otonom Desa Pamutih dan pengurus ranting Muhammadiyah beserta organisasi otonomi Desa Pamutih, serta para pembina pramuka dari setiap madrasah.

Kakankemenag Roziqun dalam sambutannya mengajak untuk semakin memperkuat kegiatan pramuka karena bisa ajang untuk menjadi generasi yang tangguh dan kuat. “Melalui kegiatan kepramukaan ini, saya mengharapkan madrasah untuk lebih mengaktifkan dan mengembangkan pramuka. Pramuka akan melatih menjadi generasi penerus bangsa yang kuat dan tangguh, memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi serta mandiri,” ungkap Roziqun.

Ketua Panitia yang juga Kepala MI Hidayatul Mubtadiin Tegalsari Barat Abdullah mengatakan bahwa madrasah yang mengikuti perkemahan sebanyak 36 MI. Jumlah peserta 2.082 siswa di wilayah KKMI 01 dan KKMI 02 Kabupaten Pemalang, yang berasal dari berasal dari Kecamatan Pemalang, Taman, Petarukan, Ampelgading, Comal, Bodeh, dan Ulujami.

Dalam kegiatan ini juga digelar lomba-lomba kepramukaan dan lomba porseni. Adapun lomba-lomba yang digelar adalah lomba drumben, pionering, lomba porseni (voli, bulu tangkis, catur, tenis meja). “Kemudian, lomba kaligrafi, azan, MTQ, tahfidz, rebana, tolak peluru, lompat jauh, loncat tinggi, lari sprint, haiking, pidato, lomba engrang, dan pentas seni,” paparnya.

Kegiatan kemah dan porseni KKMI wilayah Pantura ini dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 12 sampai 14 Agustus 2023. Kaelani selaku Ketua KKMI 01 merasa senang dan bangga karena pramuka di madrasah semakin aktif dan semarak. Menurutnya, kegiatan ini juga untuk mempersiapkan porseni MI tingkat kabupaten dan tingkat Provinsi Jawa Tengah. (hbb/fi/rf)