Wujudkan Generasi Sehat, MI NU 02 Situwangi Gelar Pelaksanaan BIAS

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banjarnegara- Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) merupakan program kesehatan berupa pemberian imunisasi bagi anak sekolah yang dilakukan pada bulan tertentu pada setiap tahunnya. Salah satu tujuannya yaitu untuk mewujudkan anak sekolah agar menjadi generasi sehat yang nantinya tak rentan terhadap penyakit tertentu.

Sesuai surat dari Puskesmas Rakit 1, BIAS di MI NU 02 Situwangi terjadwal pada hari Senin tanggal 11 September 2023 dengan sasaran siswa kelas I, V dan VI. Pada kegiatan BIAS kali ini  yang diberikan yaitu imunisasi Measles Rubella (MR) dan imunisasi Human Papillomavirus (HPV).

Imunisasi MR diberikan kepada siswa kelas I, sedangkan imunisasi HPV untuk siswa putri kelas V dan VI. Imunisasi HPV hanya diberikan untuk siswa putri karena berhubungan dengan kesehatan alat reproduksi yaitu pencegahan kanker serviks.

Sebelum pelaksanaan imunisasi, Ni Kadek Devi  yang merupakan Pegawai Kesehatan Puskesmas Rakit 1 memberikan pengarahan tentang pentingnya imunisasi MR dan HPV. Imunisasi MR berfungsi untuk mencegah penyakit  campak dan rubella sedangkan imunisasi HPV untuk mencegah kanker serviks.

Ni Kadek Devi menekankan bahwa imunisasi ini agar anak- anak menjadi sehat, tidak sakit sehingga anak- anak tidak perlu takut. “ Jangan takut untuk imunisasi dan mari kita baca basmallah bersama- sama agar imunisasi ini lancar”, ajaknya.

Rahmawati, Kepala MI NU 02 Situwangi di akhir pelaksanaan BIAS menyampaikan rasa syukurnya karena pelaksanaan berjalan lancar. Ucapan maaf beliau sampaikan apabila dalam pelaksanaan imunisasi anak- anak tidak sopan, tidak lupa terima kasih beliau sampaikan kepada Puskesmas Rakit 1 yang telah memberikan imunisasi. Ia berharap kerjasama berkaitan dengan pelayanan kesehatan terus berlanjut.

“Mudah- mudahan kedepannya kerjasama ini dapat terus berlanjut, sehingga siswa – siswi kami menjadi generasi yang sehat”, pungkasnya. (rw/bd)