Serunya Debat kandidat OSIS MAN 2 Rembang, Berlomba Adu Gagasan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang – Sebagai negara demokrasi, pembelajaran tentang demokrasi hendaknya sudah mulai dikenalkan dari dini, termasuk di lingkungan sekolah. Ajang pemilihan bisa menjadi wadah untuk menyalurkan aspirasi, menyampaikan visi misi, serta memilih pemimpin terbaik.

Begitu pula yang dilakukan MAN 2 Rembang dengan mengadakan pesta demokrasi yaitu Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS (Pilkaos) periode 2023/2024. Sebelumnya para kandidat sudah menjalani tahap kampanye, di mana mereka poster visi misi serta berkampanye di kelas-kelas.

Kini agenda Pilkaos memasuki tahapan debat terbuka yang dilaksanakan pada hari Senin, 11 September 2023 bertempat di aula MAN 2 Rembang. Sebelumnya para paslon (pasangan calon) telah melakukan simulasi pada hari Sabtu.

Kepala MAN 2 Rembang, H. Kasnawi dalam sambutannya dalam membuka acara mengatakan ajang ini merupakan kesempatan yang baik untuk lebih mengenal karakter, visi misi dan gagasan dari masing-masing kandidat.

“Semoga dengan adanya debat dan juga pemilihan besok, akan lahir pemimpin terbaik yang akan membawa OSIS MAN 2 Rembang ke arah yang lebih baik lagi,” harap Kasnawi.

Debat ini dilaksanakan dalam dua sesi. Sesi pertama seluruh peserta didik kelas XI dan sebagian kelas X. Sesi kedua seluruh kelas XII dan sebagian kelas X.

Para paslon setelah memasuki ruangan, kemudian menyampaikan kembali visi misi dan programnya. Selanjutnya sesi tanya jawab dengan para panelis yang terdiri dari empat guru dan seorang perwakilan siswa.

Para peserta didik yang hadir juga diberi kesempatan untuk bertanya. Beberapa tema yang menjadi bahan debat seperti penggunaan smartphone, peraturan yang tegas dan keras, SOP jamaah shalat dhuhur dan lain sebagainya.

Pelaksanaan debat ini menjadi semakin seru dan meriah dengan adanya dukungan dari pendukung dan tim sukses masing-masing paslon. Ada yang menyerukan yel-yel, sampai membuat poster dukungan.

Agenda selanjutnya dalam Pilkaos ini adalah pemungutan dan penghitungan suara pada Selasa besok (12/9). -huda/iq/bd