Gelar Cleanup Day, MIN 1 Rembang Gandeng Pemerintah Desa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang (HumMIN1) – MIN 1 Rembang menggelar kerja bakti untuk menyukseskan World Cleanup Day pada Sabtu (16/9/2023). Untuk menyukseskan program ini, MIN 1 Rembang mengajak seluruh siswa-siswi serta guru dan tenaga kependidikan MIN 1 Rembang. Selain itu juga menggandeng warga sekitar madrasah melaksanakan kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar madrasah. Pihak pemerintah desa juga terlibat dalam kegiatan ini.

Kegiatan World Cleanup Day (WCD) adalah kegiatan tahunan yang dilaksanakan serentak di 193 negara. Di Indonesia World Cleanup Day (WCD) Indonesia telah melahirkan jutaan relawan “bijak kelola sampah” yang ikut berperan aktif membersihkan dan merawat lingkungan hidup. MIN 1 Rembang sangat antusias menyambut kegiatan WCD ini.

Sebagai salah satu madrasah calon Adiwiyata 2023, MIN 1 Rembang segera bergerak cepat mensosialisasikan kegiatan ini kepada pemerintah desa Sedan serta masyarakat yang tinggal di sekitar madrasah.

Kegiatan ini dimulai dengan acara senam pagi bersama seluruh civitas akademika MIN 1 Rembang dan diikuti oleh warga sekitar. Kemudian siswa dibagi dua kelompok dengan dua tugas berbeda, satu kelompok membersihkan lingkungan di dalam madrasah dan kelompok yang lain di luar Madrasah. Siswa-siswi dan bapak ibu guru MIN 1 Rembang bergabung dengan perangkat desa dan warga sekita madrasah segera membersihkan jalan-jalan disekitar MIN 1 Rembang, serta lapangan desa Sedan.

Sampah-sampah dipisahkan antara yang organik dengan non organik kemudian dimasukkan ke dalam kantong-kantong plastik besar. Petugas Kebersihan Desa Sedan kemudian menyiapkan armadanya untuk mengangkut sampah-sampah tersebut ke lokasi pembuangan sampah akhir. Sebelum diangkat sampah tersebut ditimbang terlebih dahulu, hasilnya ada sekitar 72,5 kg sampah non organik dan 371 kg sampah organik.

“Luar biasa, kegiatan ini patut dicontoh lembaga-lembaga pendidikan yang lain di wilayah Sedan dan sekitarnya. Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini dan kami berharap bisa dilaksanakan secara rutin 1 bulan sekali,” ujar Khamdi, kepala Desa Sedan.

Sementara Kepala MIN 1 Rembang, Ahmad Fahimi mengatakan bahwa kegiatan membersihkan lingkungan sudah secara rutin dilakukan setiap Sabtu sehabis senam pagi, hanya saja dilaksanakan didalam lingkungan madrasah serta merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka madrasah Adiwiyata.

“Madrasah kami kebetulan menjadi madrasah calon Adiwiyata kab Rembang, sehingga kegiatan yang melibatkan warga sekita juga mutlak harus kita lakukan, seperti pada momentum WCD hari ini,” pungkasnya. (humas min1/rk)