Delapan Siswa MI Pemalang Ikuti Jamda Jawa Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pemalang (Humas) – Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang diwakili Kasi Pendidikan Madrasah, Khabibur Rokhman melepas delapan siswa MI peserta Jambore Daerah Penggalang (Jamda) SD/MI. Pelepasan peserta Jamda tersebut berlangsung di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Pemalang, Sabtu (23/09/2023). Mereka akan mengikuti kegiatan Jamda ke-5 Jawa Tengah tahun 2023 yang digelar di Pusat Kegiatan Pramuka Candra Birawa Karanggeneng, Gunungpati, Semarang pada tanggal 25-29 September 2023.

Khabibur Rokhman dalam sambutannya merasa bangga dan memberikan ucapan selamat kepada delapan siswa-siswi pramuka penggalang yang terpilih sebagai perwakilan peserta Jamda Penggalang Kwarda Jawa Tengah mewakili MI di Kabupaten Pemalang. Dirinya juga menyampaikan bahwa nilai-nilai ajaran Islam banyak terdapat dalam kegiatan Pramuka. Misalnya dalam Dasa Dharma Pramuka mengajarkan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga dalam mengikuti kegiatan Jambore agar tetap melaksanakan ibadah shalat lima waktu dalam kondisi apapun.

“Saya berpesan agar adik-adik selalu menjaga kesehatan sehingga bisa mengikuti kegiatan Jambore dengan baik dari awal hingga akhir. Jangan lupa untuk shalat lima waktu. Jaga nama baik MI, Kementerian Agama, dan Kabupaten Pemalang,” pesan Khabib.

Sementara Mualip dari Kwarcab Pemalang yang sekaligus orang tua peserta Jamda menyampaikan apresiasi kepada Kemenag Pemalang yang melaksanakan pelepasan kepada peserta Jamda dari delapan MI di Pemalang. Mualip mengharapkan agar para peserta Jamda benar-benar memanfaatkan momentum Jamda dengan sebaik-baiknya.

“Adik-adik Pramuka penggalang dari MI harus ambil kesempatan (mengikuti Jamda) ini. Juga masih punya kesempatan mengikuti Jambore Nasional tahun 2027. Demikian juga Jambore Dunia di Portugal, ikuti setiap kesempatan yang ada,” kata Mualip.

Kegiatan pelepasan peserta Jamda tersebut dihadiri oleh pengurus Kwartir Cabang Pemalang, pengawas MI, Kepala MI selaku Ketua Gugus Depan, guru pembina Gudep, orang tua siswa, dan peserta Jamda. Ada delapan MI yang mengikuti Jamda yaitu MI NU Jatirejo, MI Muallimin Widodaren, MI Nurul Ulum Pegiringan, MI Minhajuttholibin Tlagasana, MI Miftahul Ulum Kalitorong, MI Nurul Huda 01 Mereng, MI Dewi Masyitoh 02 Banyumudal, dan MI Negeri 3 Pemalang. Selanjutnya para peserta Jamda menuju Pendopo Kabupaten Pemalang untuk mengikuti Pelepasan Kontingen Jambore Daerah oleh PLT. Bupati Pemalang. (hbb/fi/Bel)