Jadikan Terang Benderang, Kemenag Brebes Sosialisasikan Pendaftaran CPNS dan CPPPK 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Brebes (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes melaksanakan Sosilaisasi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) via zoom, Senin, (25/09/2023).

Kegiatan diikuti oleh 296 peserta, berasal dari honorer guru dan tenaga teknis yang ada di madrasah, KUA, dan peserta umum.

Resmi dibuka oleh Plt. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Brebes, H. Mad Soleh, sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi secara terangbenerang kepada calon pelamar tentang persyaratan, jadwal, dan prosedur pendaftaran.

“Pentingnya sosialisasi ini dalam mendukung proses rekrutmen yang transparan dan adil untuk calon PNS dan  PPPK. Kami ingin memastikan seluruh Honorer dikabupaten Brebes yang memiliki potensi dan kualifikasi dapat berpartisipasi dalam rekrutmen ini,” ujar Mad Soleh.

H. Mad Soleh juga menekankan bahwa sosialisasi ini adalah kesempatan bagi calon pelamar untuk memahami seluruh proses rekrutmen dengan baik. “Kami mendorong calon pelamar untuk memanfaatkan kesempatan ini dan mempersiapkan diri dengan baik,” tambahnya.

Beliau menegaskan, untuk teknis pelaksanaan akan dipaparkan secara langsung oleh Analis Kepagawaian, tolong pastikan persyaratan dan waktu pendaftaraan, pahami regulasinya serta tahap-tahapnya.

“Kantor Kementerian Agama Brebes berkomitmen untuk melaksanakan rekrutmen CPNS dan P3K secara transparan dan adil, serta mengakomodasi calon pelamar yang memiliki potensi untuk berkontribusi dalam memajukan sektor publik di Brebes khususnya dan Indonesia pada umumnya.” pungkasnya.

Acara dilanjutan dengan pemaparan yang dipandu oleh narasumber Haryanto selaku Analisis Aparatur SDM Kemenag Brebes yang mengungkapkan detail Pendaftaran CPPPK 2023, dilanjutkan dengan diskusi permasalah dan solusinya.

Berikut adalah poin-poin kunci dalam sosialisasi pendaftaran CPNS dan PPPK 2023, Pertama. Persyaratan Umum: Warga Negara Indonesia, Memiliki Penduidkan sesuai dengan persyaratan jabatan yang dilamar, sehat Jasmani dan rohani, tidak pernah terlibat dalanm tindak pidana dan tidak berada dalam ikatan kontrak kerja lain yang bertentangan dengan ketentuan PPPK.

Kedua, pendaftaran dilaksanakan secara online melalui situs web resmi yang akan diumumkan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN). Pendaftaran dibuka pada tanggal 1 Oktober 2023, dan berakhir pada tanggal 15 Oktober 2023.

Ketiga, Seleksi Tahap Awal:  Seleksi administrasi akan dilakukan untuk mengidentifikasi calon yang memenuhi persyaratan, dan tes kompetensi akan diadakan pada tanggal 5 November 2023.

Keempat, Seleksi Tahap akhir: Seleksi kompetensi dasar dan wawancara akan dilakukan untuk calon CPNS, dan Calon PPPK akan mengikuti tes tertulis dan wawancara kompetensi. Kelima, Pengumuman hasil: Pengumuman hasil seleksi akan disampaikan melalui situs web resmi BKN.  Diakhir paparan dan diskusi.

“Dimohon kepada calon pendaftar agar benar-benar memahami dan mengikuti panduan pendaftaran yang telah diterbitkan oleh panitia (Menpan RB),” harap Haryanto.(hid/Sua)