Daya Dukung Lingkungan Tentukan Keberhasilkan Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid (Humas) – Beri pengarahan pada kegiatan Visitasi Madrasah MI Muhammadiyah Danurejo Mertoyudan, Senin (25/09/2023) Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Muhammad Miftah menyampaikan, dukungan lingkungan terhadap madrasah sangat menentukan keberhasilan dan kemajuan madrasah dalam mengelola pendidikan.

“Jika semua komponen dapat bersinergi dengan baik, maka akan mudah mewujudkan madrasah yang unggul dan berkualitas,” kata Miftah.

Melihat performance kepala madrasah, Miftah menyampaikan rasa optimisnya MI Muhammadiyah Mertoyudan dapat memenuhi semua instrumen akreditasi. Dirinya mengungkapkan, keberhasilan pimpinan akan tercermin dalam setiap sudut madrasah yang dipimpinnya. Unjuk kerja kepala madrasah akan berdampak pada lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, termasuk tertibnya administrasi.

“Daya dukung lingkungan terhadap madrasah ini sangat luarbiasa. Jika semua komponen dapat bersinergi membangun lembaga yang kita cintai ini maka keberhasilan madrasah akan dapat diwujudkan bersama,” lanjut Miftah.

Miftah menyampaikan proses akreditasi akan memotret madrasah melalui serangkain instrumen yang dilakukan oleh seorang Asesor yang berdasarkan pada standar mutu yang telah ditetapkan. Mengacu pada penilaian Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Kinerja Guru dan Tenaga Administrasi, Profil Sekolah, Program Sekolah, Mutu Pelayanan dan Pembelajaran, Fasilitas, Keaktifan Siswa, dan lain-lain.

Dyah Bekti, perwakilan Dikdasmen Muhammadiyah menyampaikan agar para asesor dapat dengan cermat memotret keberlangsungngan pembelajaran maupun manajerial di MI Muhammadiyah Danurejo.

“Semoga dapat dipotret lebih indah dari kondisi sebenarnya. Jika ada hal-hal yang perlu dilengkapi dalam proses akreditasi, agar Asesor dapat menyampaikan hal-hal yang harus diperbaiki,” kata Dyah Bekti.

Akreditasi dilakukan secara berkala dan berkesinambungan untuk menetukan sebuah institusi layak beroperasi, dengan hasil Akreditasi yang memenuhi standar diharapkan lembaga pendidikan dapat meningkatkan mutu pendidikan, mendapatkan pengakuan yang formal, meningkatkan kepercayaan masyarakat, dan terus melakukan perbaikan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asesor dari Kab. Temanggung, Kepala Dikdasmen PD Muhammadiyah, Komite Madrasah, Polsek Mertoyudan dan Koramil Mertoyudan. (m45k/Bel)