Komisi IX DPR RI Minta Mitigasi Kesehatan Jemaah Haji Sejak di Daerah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayati meminta adanya mitigasi kesehatan jemaah haji ketika masih di daerah. Ia mengimbau jemaah haji menerapkan pola hidup sehat menjelang keberangkatan ke tanah suci.

Kurniasih menyampaikan hal itu dalam kunjungan kerja tim Komisi IX terkait pengawasan layanan kesehatan Embarkasi Solo, Senin (3/6/2024). Hadir, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Kepala UPT Asrama Haji Donohudan, Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Semarang, dan Deputi Direksi Wilayah VI BPJS Jawa Tengah.

Pernyataan Kurniasih itu menanggapi banyaknya jemaah haji yang tunda berangkat akibat sakit. Ia meminta Tindakan preventif agar jemaah tidak sakit menjelang pemberangkatan. “Mudah-mudahan ke depan jemaah bisa lebih menjaga kesehatan, mengatur pola hidup yang sehat, sehingga benar-benar siap, sehat jasmani dan rohaninya menjelang pemberangkatan,” katanya.

Kurniasih mengimbau adanya sinergitas data antara BPJS dan Kementerian Kesehatan serta Kementerian Agama.  Hal ini untuk mendeteksi dini kesehatan jemaah sejak di daerah masing-masing.

dr. Nur Purwoko Widodo dari Balai Kekarantinaan Kesehatan Kelas I Semarang menjelaskan, hingga saat ini pihaknya sudah memberangkatkan 82 kloter. “Permasalahan yang terjadi adalah, masih ada jemaah yang tidak istithaah diberangkatkan ke Embarkasi Solo,” katanya.

Namun begitu, Kurniasih beserta anggota tim mengapresiasi layanan Embarkasi Solo yang telah memberangkatan jemaah 1-82. “Masih ada 18 kloter lagi. Semoga jemaah haji berangkat dengan selamat dan pulang dengan selamat,” kata Kurniasih. – iq/mul/at