Tiba di Embarkasi, Jemaah Haji Karanganyar Kompak Kenakan Atribut Rompi Ungu

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Rasa riang gembira terpancar dari jemaah haji asal Kabupaten Karanganyar. Kloter 89 yang tiba di Embarkasi  mengenakan seragam cerah, yaitu rompi berwarna ungu. Warna yang selaras dengan seragam batik haji tahun ini.

Seragam itu rupanya digunakan tidak hanya pada kloter 89 saja. Namun semua jemaah haji Kabupaten Karanganyar mengenakan seragam tersebut.

Kepala Kankemenag Kabupaten Karanganyar, Hanif Hanani mengutarakan, setiap tahun jemaah haji di daerahnya mengenakan seragam. Namun itu bukanlah ide Kemenag atau pun jemaah haji. “Seragam jemaah haji ini berasal dari Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Gratis untuk jemaah,” kata Hanif ketika diwawancara Selasa (4/6/2024) di Embarkasi Solo.

Hanif mengatakan, pemerintah Kabupaten Karanganyar menganggarkan pengadaan seragam setiap tahun. “Ini sudah menjadi agenda Pemkab Karangnyar. Mereka memang mengadakan anggaran untuk seragam jemaah haji setiap tahunnya. Tahun ini ada 704 jemaah. Semuanya diberi rompi,” jelas Hanif.

Pihaknya menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Karanganyar yang telah memfasilitasi seragam.  Menurutnya, ini sebagai bentuk perhatian dan memuliakan jemaah haji.

Selain rompi, atribut lainnya yang melekat pada jemaah haji Kabupaten Karanganyar adalah syal ungu dan kopyah. Semua bertuliskan Kabupaten Karangnyar, Jawa Tengah.

Hanif mengimbau jemaah untuk mengenakan atribut ini. “Karena jemaah di sana teramat banyak, maka jemaah agar memakai atribut ini. Karena sebagai penanda, bahwa jemaah adalah dari Kabupaten Karanganyar,” pungkasnya.  – iq/at