Kankemenag Wonosobo Intip Layanan Prima Kankemenag Kab. Cilacap

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat, Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Wonosobo melakukan kunjungan studi banding ke Kankemenag Kabupaten Cilacap pada hari Jumat, (7-6-2024). Kunjungan ini bertujuan untuk melihat praktik terbaik dan inovasi layanan yang telah diterapkan oleh Kankemenag Kabupaten Cilacap.

Rombongan dari Kankemenag Kab. Wonosobo yang dipimpin oleh Kepala Kantor, H. Panut, disambut hangat oleh Plh. Kakankemenag Kab. Cilacap, H. Makmur Khaeruddin, beserta jajaran terkait.

Kegiatan studi banding ini dikemas dengan konsep olah raga bersama yaitu badminton dan dilanjutkan dengan meninjau ruang pelayanan.

Dalam sambutannya, H. Panut, menyampaikan bahwa tujuan utama dari kunjungan ini adalah untuk bertukar inovasi dalam upaya meningkatkan pelayanan publik di bidang keagamaan.

“Kami berharap, melalui studi banding ini, kami dapat mengadopsi beberapa inovasi yang telah berhasil diterapkan di Kankemenag Kabupaten Cilacap dan menerapkannya di Wonosobo untuk meningkatkan kepuasan masyarakat,” ujarnya.

Panut menambahkan, fokus studi banding yang dilaksanakan yakni penata ruang layanan dan pelayanan yang dilakukan bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Pelayanan Haji dan Umroh Terpada (PLHUT).

“Kabupaten Wonosobo baru selesai tahap renovasi bangunan, jadi sementara ini masih dirasa belum optimal dalam penataan ruangan layanan. Harapannya usai studi banding ini nanti akan ada referensi terkait penataan ruang maupun pelayanan.” Tandasnya.

Setelah sesi presentasi dan diskusi, rombongan dari Kankemenag Kabupaten Wonosobo diajak untuk melihat langsung beberapa unit layanan yang ada di Kankemenag Kabupaten Cilacap. Kunjungan ini mencakup layanan administrasi haji, bimbingan keagamaan, serta beberapa inovasi teknologi yang digunakan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat.(PS-WS/Sua)