081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama di Kankemenag Kab. Blora, Kakanwil Beri Empat Kunci

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Blora (Humas) – Di hadapan ASN di lingkungan Kankemenag Kab. Blora, Kakanwil menerangkan jika Negara Indonesia dengan kekayaan alam yang melimpah dan beragam budaya, suku, dan agama. Sehingga ini telah menunjukkan bangsa Indonesia mempunyai keunggulan lebih dibandingkan negara lain.

“Maka perlunya menjaga keseimbangan yang baik antara kondisi alam dan sosial dalam kehidupan berbangsa, bernegara dan beragama ini,” urai Kakanwil saat menjadi narasumber pada Kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Blora, Kamis (13/06/24).

Bertempat di Hotel Al Madina Blora, Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad menyampaikan jika salah satu upaya menciptakan keseimbangan tersebut adalah dengan memperkuat persatuan dan kesatuan serta menjaga kehidupan umat beragama dalam mewujudkan kerukunan umat beragama.

“Moderasi beragama menjadi salah satu cara dalam upaya membangun toleransi antar umat beragama. Nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya meliputi nilai akidah, nilai hukum serta nilai perilaku/akhlak yang menjadi pedoman dalam implementasi moderasi beragama,” ucapnya.

Dijelaskannya bahwa moderasi beragama dapat diukur dalam 4 (empat) indikator, yaitu toleransi, anti kekerasan, komitmen kebangsaan, dan akomodatif terhadap budaya lokal.

“Saya berharap agar kegiatan sosialisasi penguatan moderasi beragama ini dapat menghasilkan pemahaman yang sama bagi para ASN dan tokoh lintas agama terkait moderasi beragama di masyarakat. Dan bersama berupaya mengelola keberagaman dan merawat kerukunan di masyarakat,” pesannya.(Adi/S)

Skip to content