Membumikan Nilai Pancasila, Menyatukan Keragaman Menuju Indonesia Emas 2045

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semaarang (Humas) – Kakanwil Kemenag Prov. Jateng menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir (Harlah) Pancasila yang digelar pada Sabtu, 1 Juni 2024 di Kanwil Kemenag Prov. Jateng.

Berjalan khidmat, seluruh jajaran ASN Kemenag Jateng mengikuti upacara pada pukul 07.00 WIB dengan mengenakan pakaian nuansa merah putih.

Dalam amanatnya, Kakanwil menyampaikan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, bahwa Hari Lahir Pancasila tahun ini bertema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas Tahun 2045”. Tema ini mengandung maksud Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara. Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

“Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”.

“Lebih dari itu, saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa”, tutupnya. (Da/bel)