081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Persiapan Pelaksanaan Pesparawi Tingkat Provinsi dan UDG Nasional XV

Semarang (Humas) – Menjelang kompetisi Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) tingkat provinsi dan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat nasional, Kanwil Kemenag Prov. Jateng menggelar rapat koordinasi bersama dengan Kepala Kemenag Kab/kota se – Jateng di Auditorium Majeng pada Sabtu, (29/06/2024).

Lomba Paduan Suara Pesparawi XIV Tingkat Jawa Tengah akan diadakan di Kabupaten Wonogiri pada 4-6 Juli 2024 mendatang. Kakanwil berharap dengan adanya seleksi tingkat provinsi akan mendapatkan bibit unggul untuk melangkah ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Papua Barat tahun 2025.

Sedangkan Utsawa Dharma Gita (UDG) tingkat nasional akan dilaksanakan sekali dalam tiga tahun, dan tahun ini digelar di Surakarta pada 8 – 12 Juli 2024.

Hanoman dengan nama Maruti yang digambarkan berbusana pewayangan Jawa dengan memegang gita dan seruling, terpilih menjadi maskot pada perhelatan UDG Tingkat Nasional XV. Secara filosofis Hanoman dikenal sebagai sosok pemberani, sopan, santun, setia dan enerjik yang melambangkan empat karakter manusia Hindu yaitu siddhi (cerdas), siddha (terampil), suddha (jujur), dan saddhu (bijaksana).

Busana pewayangan Jawa merepresentasikan seni dan kebudayaan Jawa sebagai tempat pelaksanaan UDG Tingkat Nasional XV Tahun 2024 di Surakarta yang kental dengan budaya Jawa.

Adapun Cabang lomba pada UDG Nasional XV tahun 2024 yaitu: Utsawa Membaca Sloka (diikuti oleh anak-anak hingga dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Membaca Palawakya (diikuti oleh remaja dan dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Membaca Kekawin (diikuti oleh remaja dan dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Dharmawacana Berbahasa Indonesia (diikuti oleh anak-anak hingga dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Dharmawacana Berbahasa Inggris (diikuti oleh remaja dan dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Nyanyian Keagamaan Hindu (diikuti oleh remaja beregu, Putra atau Putri), Utsawa Menghafal Sloka (diikuti oleh anak-anak hingga dewasa, Putra dan Putri), Utsawa Dharmawiwada (Debat Keagamaan Hindu) (diikuti oleh remaja putra dan putri).

“Jawa Tengah sebagai tuan rumah UDG ini menjadi salah satu kehormatan bagi kami dan seluruh Jajaran Kemenag Prov. Jateng siap memberikan pelayanan yang baik serta memohon dukungan penuh dari semua pihak untuk kelancaran dan kesuksesan acara ini,” kata Kakanwil Kemenag Prov. Jateng Musta’in Ahmad. (Da/Bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content