Sebanyak 51 Dewan Juri UDG Nasional XV Tahun 2024 Resmi Dilantik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Seusai upacara adat mejaya-jaya oleh Pinandita lanang I Made Mawan didampingi Pinandita istri, sejumlah 51 Dewan Juri UDG Nasional XV Tahun 2024 resmi dilantik oleh Dirjen Bimas Hindu Kementerian Agama (Kemenag) I Nengah Duija, Senin (8/7/2024) di Hotel Dana Kota Surakarta.

Seluruh dewan juri merupakan sosok kredibel dibidangnya masing-masing. Kementerian Agama RI telah menjaring calon juri sejak akhir 2023 untuk menyiapkan juri profesional. Dirjen Hindu Duija sampaikan proses rekrutmen juri ini adalah perdana dilakukan untuk event UDG, karena tahun-tahun sebelumnya juri UDG ditunjuk secara langsung tanpa melewati seleksi terlebih dahulu.

Sebelum menasional, Utsawa Dharma Gita dilaksanakan Pemda Bali dalam bentuk lomba kekawin dan kidung. Utsawa berarti festival atau lomba, sedangkan Dharma Gita adalah nyanyian suci keagamaan. Dengan demikian, Utsawa Dharma Gita adalah festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu.

Utsawa Dharma Gita sebagai kidung suci keagamaan Hindu telah lama berkembang di masyarakat melalui berbagai pesantian. Penggunaan Dharma Gita dalam berbagai bentuk kegiatan keagamaan sangat membantu menciptakan suasana hening, hikmat/kusuk yang dipancari getaran kesucian dengan jenis yadnya yang dilaksanakan.

Turut dalam prosesi pelantikan, Sekretaris Ditjen Bimas Hindu I Made Santika, Direktur Urusan Agama Hindu I Gusti Made Sunartha, dan Direktur Pendidikan Agama Hindu Trimo. (PS/BEL)