Semarak UDG Nasional 2024, Menag Yaqut Resmikan STAHN Jawa Dwipa dan Luncurkan Kitab Suci Hindu Braille

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Hindu) – Pembukaan Utsawa Dharmagita Tingkat Nasional XV Tahun 2024 dirangkai dengan peresmian Sekolah Tinggi Agama Hindu Negeri (STAHN) Jawa Dwipa, Selasa (9/7/2024).

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dalam sambutannya berharap dari sekolah ini akan lahir generasi muda Hindu yang tidak hanya unggul di bidang akademis tetapi juga memiliki integritas, moralitas, dan sekaligus spiritualitas yang kuat.

“Sastra suci dan ajaran agama Hindu tentu memainkan peran yang sangat penting dalam membentuk karakter dan moralitas generasi penerus bangsa dengan wiraga atau olah tubuh, wirama atau olah irama dan mental, wirasa atau olah perasaan, dan wibawa atau olah pikiran,” katanya.

Selanjutnya, Gus Men, panggilan akrabnya, mengatakan keempatnya ini akan jadi sebuah tujuan SDM yang unggul dari aspek fisik, perasaan, estetika, dan kecerdasan.

“Ini sebuah ikhtiar, sebuah upaya dari umat Hindu semua, 12 tahun mewujudkan sekolah tinggi agama di negeri ini. Akhirnya hari ini akan kita resmikan bersama,” katanya.

Selain itu, pada malam pembukaan UDG juga diluncurkan kitab suci agama Hindu ramah disabilitas yakni Weda berhuruf braille. Ini merupakan salah satu wujud komitmen Kementerian Agama untuk memberikan perhatian khusus kepada masyarakat yang memiliki keterbatasan disabilitas.

“Akses yang setara terhadap kitab suci adalah hak dasar yang harus dipenuhi,” pungkasnya. (PS/BEL)