081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

MIN 1 Kendal Tingkatkan Kompetensi Guru dengan Pelatihan

Kendal (Humas) – MIN 1 Kendal adakan pelatihan untuk peningkatan kompetensi guru, Kamis (18/7/2024). Pelatihan tersebut diadakan agar tenaga pendidik di madrasah berkeunggulan tahfidz dan bisa melakukan berbagai variasi ketika menyampaikan materi kepada siswa.

Pelatihan dilaksanakan selepas siswa-siswi MIN 1 Kendal pulang dari kegiatan MATSAMA.

Dalam pelatihan tersebut ada dua jenis pelatihan, yakni pelatihan penyusunan Karya Tulis Ilmiah dan Pelatihan untuk kelas Multimedia.

Hiamatul Aliyah, guru Kelas 1C Kesultanan Demak sekaligus pengisi materi, memaparkan tata cara penulisan karya ilmiah yang sebelumnya ia dapatkan pada Diklat Penulisan Karya ilmiah di BDK Semarang. Ia menuturkan bahwa langkah pertama dalam penulisan karya ilmiah adalah menentukan tema, setelah itu memilih genre atau jenis tulisan yang ingin ia susun. Dalam kesempatan itu, Himatul menunjukkan pula hasil karya tulis yang ia susun selama mengikuti kegiatan diklat kepenulisan.

Adapun Pelatihan untuk kelas Multimedia diisi oleh Arif Fredi Khakim, guru Bahasa Jawa MIN 1 kendal. Fokus pelatihannya adalah pada penggunaan aplikasi Canva untuk media pembelajaran. Peserta tidak hanya menerima materi, tetapi juga langsung mempraktikkan ilmu yang didapat.

Para guru juga terlihat sangat antusias ketika mendesain media pembelajaran dengan Canva. Misbakhul Munir, guru kelas 4C Kesultanan Sambas bahkan meminta agar di lain kesempatan dapat diadakan pelatihan lanjutan dengan tema yang sama. Karena ia merasa masih banyak yang bisa di-eksplor dari aplikasi Canva yang mungkin bisa diajarkan.

Hal itu ditanggapi oleh Fredi untuk membuat tutorial penggunaan aplikasi canva yang bisa dipelajari oleh para guru. Ia juga menunjukkan karya pembelajaran menggunakan aplikasi Canva yang sudah di-upload di Youtube dan bisa dilihat di sini. Ia juga siap apabila di lain waktu diadakan pelatihan lanjutan dengan tema yang sama.(Zuha/LD/Sua)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content