Serukan Sukses Penyelenggaran Ibadah Haji Tahun 2024, Direktur Bina Haji Ajak Jemaah Counter Narasi Menyesatkan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Kegiatan Evaluasi Penyelenggaraan Operasional Haji Embarkasi Solo Tahun 1445 H/2024 M, dihadiri Direktur Bina Haji Kemenag RI, Arsad Hidayat, beserta Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Tengah, Tegoch Hadi Noegroho. Dipandu moderator Mujib Fahmi Basyuni, selaku Ketua Tim PHU di The Sunan Hotel Solo, Jum’at (02/08/2024).

Dalam sambutannya, Arsad menekankan bahwa penyelenggaraan ibadah haji Tahun 1445 H/2024 M berjalan sukses. Ini terbukti berdasarkan testimoni jemaah yang disampaikan melalui semua platform media sosial.

“Mereka (jemaah) merasa apa yang sesungguhnya terjadi tidak sesuai dengan apa diungkapkan publik. Mari kita bersama menyampaikan informasi yang hakiki, dan menjelaskan ke publik dalam bentuk apapun tentang yang kita rasakan. Termasuk counter narasi terkait info yang tidak benar,” jelasnya.

Direktur Bina Haji juga menyampaikan aplikasi baru yang dimiliki Kemenag RI. Aplikasi Kawal Haji sebagai saluran saran, pengaduan dan tanggapan mengenai apa saja.

“Ini bisa dilihat siapa saja, artinya semua orang bisa mengakses dan melihat progres, kendala layanan dan kepuasan jemaah tentang pelaksanaan haji tahun 1445 H/ 2024 M,” ucapnya.

Arsad berharap ke depan dalam memilih ketua kloter harus yang pro aktif dalam mencari informasi, responsif dan peka.

“Jangan orang yang cuek. Karena penanganan ibadah haji melibatkan jumlah jemaah yang sangat besar dan membutuhkan koordinasi dengan berbagai instansi dan lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri,” ujarnya.

Layanan jemaah haji mencakup berbagai aspek seperti kedatangan dan pemulangan, bimbingan ibadah, transportasi, kesehatan, penerbangan, bea cukai, akomodasi, konsumsi, dan keamanan.

Penyelenggaraan ibadah haji memiliki dilematika sendiri karena dilaksanakan secara serentak bersama negara lain dan dalam waktu yang sangat terbatas.

Meskipun demikian, pelaksanaan operasional haji tahun ini terhitung lancar. Kepuasan jemaah dalam testimoni yang disampaikan menjadi bukti nyata suksesnya penyediaan akomodasi, pelayanan ibadah dan juga transportasi.

Seluruh stakeholder dan petugas haji yang hadir sepakat menyatakan bahwa pelayanan haji tahun 2024 lebih sukses dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya. (Sua/Bel)