081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

MAN 2 Surakarta Raih Medali Emas di Ajang Festival Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia Tahun 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Festival Inovasi Wirausaha Mahasiswa Indonesia (FIKSI) 2024 tingkat nasional SMA/MA/SMK yang digelar di SMESCO Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia, Jakarta merupakan kompetisi tahunan yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Kelembagaan Riset dan Teknologi. Kegiatan bergengsi yang diikuti siswa SMA/MA/SMK ini dilaksanakan pada 24 – 29 September 2024. Tema FIKSI 2024 bertajuk “Merdeka Berprestasi, Bakat Profesional untuk Menginspirasi”.

MAN 2 Surakarta merupakan delegasi Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah yang berada di bawah Kementerian Agama dan berhasil meraih prestasi membanggakan tersebut. Adelia Syifa Bunga Nirwana dan Nabila Nuha Fauziah, adalah pelajar kelas XII MIPA 1 MAN 2 Surakarta yang meraih Medali Emas Kategori Rencana Usaha Bidang Desain Grafis tingkat SMA/MA.

Diikuti 1000 peserta dari tingkat daerah hingga nasional Penilaian babak final dilakukan oleh juri yang terdiri dari 3 (tiga) orang dengan dua metode penilaian yaitu presentasi dan wawancara serta display/pameran karya. Bussiness plan yang dirancang, dikembangkan dan dipresentasikan oleh Adelia dan Nabila adalah Kiddytech Book, berupa Busy Book interaktif yang terbuat dari kertas dan kain flannel, dilengkapi dengan kode QR untuk mengakses ilustrasi 3D AR. Buku ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu: hewan, buah-buahan dan sayur-sayuran, serta pekerjaan. Ide pembuatan Kiddytech Book adalah untuk memperkenalkan inovasi baru pada buku edukasi anak dengan mengintegrasikan teknologi AR (Augmented Reality).

“Buku ini memberikan edukasi, pengalaman interaktif, pengembangan kognitif, pembelajaran multisensori, dan pengenalan awal terhadap teknologi,” kata Adelia. Nabila menambahkan, produk ini juga memiliki nilai tambah yaitu membantu ibu-ibu rumah tangga menjadi perajin kain flanel untuk menciptakan karakter buku dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat setempat.

Annita Nur Kusumastuti dan Munirotun Roiyana, Pembina Riset MYReS dan Kewirausahaan MAN 2 mengungkapkan kegembiraannya karena MAN 2 Surakarta menjadi satu-satunya madrasah yang mendapat medali emas pada ajang FIKSI 2024. “Alhamdulillah, bersyukur atas prestasi yang dicapai. Ini hasil kerja keras dan doa banyak pihak yang turut berkontribusi. Semoga pengalaman ini menjadi pembelajaran bagi seluruh siswa untuk tumbuh dan mempersiapkan masa depan,” kata Annita.

Kepala MAN 2 Surakarta, Lanjar Utami merasa bangga atas capaian prestasi yang baru pertama kalinya diikuti peserta didiknya, namun telah menunjukkan prestasi yang membanggakan. “Atas nama pribadi dan keluarga besar MAN 2 Surakarta menyampaikan Great and congratulations Adelia Syifa Bunga Nirwana dan Nabila Nuha Fauziah. Semoga prestasi ini menginspirasi siswa lainnya untuk terus berprestasi di tingkat Nasional dan Internasional dan menjadikan MAN 2 Surakarta ’Idolaku Jaya Mendunia” serunya.

Lanjar berharap dengan meraih medali emas di ajang FIKSI ini, para alumni MAN 2 Surakarta memiliki multi talenta yang dibutuhkan dan dapat menjawab tantangan era saat ini. “Kegiatan penelitian dan kewirausahaan yang kami kembangkan di MAN 2 Surakarta dapat membantu siswa mengembangkan kemampuan kolaborasi, komunikasi, berpikir kritis. Meningkatkan kreativitas dan pemecahan masalah, serta mendukung kelestarian madrasah dan lingkungannya,” ucapnya.(Sua)

Skip to content