081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

08.00 - 16.00

Senin - Jumat

Whistle Blower

Tiga Masjid di Jawa Tengah Jadi Pemenang AMPeRa 2024

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Surakarta (Humas) – Anugerah Masjid Percontohan dan Ramah (AMPeRa) 2024 menjadi program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama RI dengan memberi penghargaan kepada masjid-masjid yang telah berupaya menjadi percontohan dan ramah di berbagai kategori.

Tiga masjid di Jawa Tengah antara lain;

  1. Masjid Al Ishlah Kab. Rembang, terbaik I kategori Masjid Besar Percontohan
  2. Masjid Al Ilham Kab. Pati, terbaik II kategori Masjid Ramah Lingkungan
  3. Masjid At Taqwa Kab Kudus, terbaik III kategori Masjid Jami Percontohan

Penghargaan diberikan oleh Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag RI, Kamaruddin Amin saat membuka acara International Symposium on Innovative Masjid (ISIM) 2024 di Swiss-Belhotel Surakarta, Selasa (1/10/2024).

Menurutnya penghargaan ini diberikan untuk mendorong masjid-masjid di seluruh Indonesia agar menjadi pusat kegiatan keagamaan yang berkualitas dan nyaman bagi jemaah.

“Kegiatan ini lebih dari sekadar kompetisi, melainkan mengarusutamakan fungsi masjid sebagai tempat meningkatkan kualitas kehidupan umat beragama. Sehingga keberadaan masjid akan berdampak untuk masyarakat sekitar, sekaligus menginspirasi masjid lainnya untuk bisa menjadi nominator berikutnya,” terangnya.

AMPeRa 2024 dihelat melalui berbagai tahapan yang melibatkan sosialisasi, penilaian dan penganugerahan masjid percontohan di tingkat nasional. Hadir mewakili Kakanwil Kemenag Jateng, Kabid Urusan Agama Islam turut berbangga dan optimis rumah ibadah khususnya masjid di Jawa Tengah akan mereplikasikan nilai-nilai kebaikan melalui kegiatan keagamaan dan tata kelola.

“Atas perolehan anugerah ini sebagai upaya untuk meningkatkan standar pengelolaan masjid, baik dari segi kebersihan, tata kelola, maupun program-program keagamaan yang bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Zainal Fatah.

Penilaian masjid percontohan mencakup sejumlah kategori, yaitu: Masjid Raya Percontohan, Masjid Agung Percontohan, Masjid Besar Percontohan, Masjid Jami’ Percontohan, Masjid Bersejarah Percontohan, dan Masjid Tempat Publik Percontohan. Sedangkan untuk kategori masjid ramah yaitu Masjid Ramah Anak dan Perempuan, Ramah Difabel dan Lansia, Ramah Lingkungan, Ramah Keragaman, dan Ramah Musafir serta Dhuafa.

Selain piagam, penerima penghargaan juga mendapatkan dana pengembangan masing-masing terbaik I sebesar 25 juta rupiah, terbaik II sebesar 20 juta rupiah dan terbaik III sebesar 10 juta rupiah. (bel)

Skip to content