081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Apel Hari Santri Prov. Jateng, Kakanwil Suarakan Resolusi Jihad

Blora (Humas) – Apel peringatan Hari Santri ke-10 tahun 2024 tingkat Prov. Jawa Tengah berlangsung di lapangan Kridosono Kab. Blora pada hari Selasa (22/10/2024). Pemimpin apel, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana bacakan amanat Menteri Agama RI.

Pada peringatan Hari Santri Tahun 2024 ini Kementerian Agama mengusung tema “Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan”. Menjadi sebuah penegasan bahwa santri masa kini memiliki tugas untuk meneruskan perjuangan para pendahulu yang telah berjuang tanpa kenal lelah demi kemerdekaan dan keutuhan bangsa.

“Masa depan Indonesia ada di pundak kalian. Maka saya berharap Hari Santri tahun 2024 ini juga menjadi momentum untuk memperkuat komitmen kita semua, khususnya para santri dalam merengkuh masa depan dan mewujudkan cita-cita bangsa,” tegasnya.

Bertugas sebagai pembaca Resolusi Jihad, Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Tengah dengan lantang menyuarakan semangat berjihad mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Sebagaimana dalam fatwa Resolusi Jihad yang dipimpin oleh KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945 yang menjadi cikal bakal lahirnya Hari Santri.

“Semangat hari santri harus dibangun dengan konteks saat ini. Menyambung juang bukan hanya berarti mengenang, tetapi juga beraksi dengan semangat yang sama dalam menghadapi tantangan masa kini utamanya dalam memerangi kebodohan dan kemiskinan,” tutur Musta’in Ahmad.

Apel ditutup dengan penyerahan bantuan. Kakanwil secara simbolis mewakili penerima bantuan insentif pengajar keagamaan se-Jawa Tengah termin tiga dengan jumlah sebesar Rp. 92.382.000.000 untuk 230.830 orang. (bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content