Khotmil Qur’an Virtual Awali Rangkaian HAB Kemenag ke-75 di Pati

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Pati – Khotmil Qur’an selalu menjadi agenda rutin yang mengawali rangkaian peringatan hari amal bakti (HAB) Kemenag di Kab. Pati setiap tahunnya. Jika biasanya khotmil qur’an ramai didatangi ASN perwakilan dari beberapa penyuluh agama, satker dan KUA, namun dikarenakan adanya pandemi covid-19, kali ini khotmil qur’an dilakukan secara virtual dan menghadirkan puluhan hafidz/hafidzah dari lingkup Kemenag Kab. Pati.

Sebanyak 500 khotmil Qur’an dilaksanakan oleh hampir 300 ASN/Non ASN Kemenag Pati dimulai sejak pagi hingga siang di lembaga/rumah masing-masing, Senin (4/1/2021) dan ditayangkan secara langsung di channel youtube Kemenag Kab. Pati.

Kepala Kemenag Pati Imron Rosyidi ketika membuka acara khotmil Qur’an mengatakan, di masa pandemi covid-19 ini Kemenag Pati merayakan hari jadi Kemenag RI yang ke-75 diawali dengan pelaksanaan khotmil Qur’an. Hal ini dilakukan karena ingin selalu berevaluasi dan mendekatkan diri kepada Allah SWT agar di hari jadi Kemenag RI ke-75 ini Allah senantiasa memberikan berkah yang melimpah kepada warga Kemenag RI dan semoga segera dijauhkan dari virus corona.

“Virus corona ini Bapak/Ibu yang membuat kita semua saling berjauhan menjadi menjaga jarak. Kita semua juga saat ini yang ke masjid juga sudah mulai jarang, tapi sekarang sudah mulai hidup kembali masjid-masjid kita tentu dengan menggunakan protokol-protokol kesehatan. Dan mungkin kita di seluruh dunia oleh Allah SWT ini diuji, apakah kita sudah benar melakukan kehidupan sehari-hari. Kalau memang belum benar, ini mungkin waktu yang tepat untuk mengevaluasi semuanya,” jelasnya.

Selain itu, Kepala Kemenag Pati menuturkan banyak sekali kegiatan-kegiatan di Kemenag Pati yang akhirnya tidak diadakan, jadi diadakannya pun juga secara online, secara virtual. “Saya atas nama Kepala Kemenag Pati memohon maaf yang sebesar-besarnya bukan ini yang kita inginkan, tapi karena ada pandemi covid-19 ini yang akhirnya kita harus melakukannya semacam ini. Namun kita harus tetap optimis, sebagai warga Kemenag Pati kita harus selalu berdoa, mohon kepada Allah SWT agar kita semua senantiasa diberikan keselamatan, khususnya para alim ulama, tokoh agama, anak-anak kita yang harusnya anak-anak kita itu berada di sekolah-sekolah hari ini terpaksa harus belajar di rumah. Ini yang harus kita lakukan demi menjaga keselamatan bersama,” urainya.

Lebih lanjut Imron menambahkan, Kemenag Pati saat ini terus berupaya semaksimal mungkin untuk membatasi atau meminimalisir virus yang menyebar di Kota Pati. “Ini pekerjaan yang sangat berat sekali bagi kita semua. Oleh karena itu mudah-mudahan khotmil Qur’an ini sebagai penanda hari jadi Kemenag yang ke-75. Mudah-mudahan semoga Kemenag RI ke depan semakin baik. Semakin menjadi tempat bekerja yang Baldatun Toyyibatun wa Robbun Ghofur. Semoga ke depan generasi kita dijadikan anak-anak yang hebat, yang shalih dan shalihah,” harapnya.

Dengan digelarnya khotmil Qur’an, Kepala Kemenag Pati juga berharap pandemi covid-19 segera berakhir sehingga segala aktifitas maupun kegiatan bisa kembali seperti sedia kala. (at/qq)