Asy’ari Dilantik Menjadi Penghulu Pertama

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, M. Fatah melantik dan mengambil sumpah jabatan Asy’ari sebagai penghulu pertama pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Sumber. Pelantikan ini digelar pada Jumat (13/8/2021) di aula Kemenag Rembang.

Asy’ari yang sebelumnya menjabat sebagai staf KUA Sumber ini diambil sumpahnya dengan didampingi rohaniawan, Moh. Muhlisin dan para saksi, Moh. Mukson dan Ali Muhyidin. Pelantikan ini digelar secara terbatas dan hanya dihadiri oleh para pejabat Kankemenag Kabupaten Rembang.

Dalam amanatnya, M. Fatah menyampaikan selamat atas jabatan baru yang diemban oleh Asy’ari. Fatah mengatakan, segenap jajaran Kemenag harus bangga menjadi ASN Kementerian Agama. Selain bangga juga harus bersyukur. Karena di tengah pandemi ini, ASN Kementerian Agama masih mendapatkan penghasilan yang tetap.

Syukur tersebut diwujudkan dengan menjalankan tugas dan fungsi dengan sebaik-baiknya. Sebagaimana yang dikemukakan  oleh Presiden Joko Widodo tentang nilai-nilai dasar ASN. Pertama, ASN harus memiliki orientasi memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kedua, otoritas dan Sumber Daya yang dimiliki ASN harus digunakan secara akuntabel dengan loyalitas tinggi kepada pemerintah, bangsa dan negara serta menjaga kehidupan bermasyarakat.

Ketiga,  ASN harus meningkatkan kapasitas dan kompetensi serta kemampuan beradaptasi terhadap perubahan teknologi. Keempat, ASN harus meningkatkan kemampuan kolaborasi, baik lintas sektor maupun lintas disiplin. Kelima, ASN terus bekerjasama dan menghindari ego sektoral.

Menurut Fatah, 5 dasar nilai ASN ini selaras dengan lima budaya kerja Kementerian Agama. Fatah mengatakan, inovasi di bidang teknologi menjadi salah satu fokus pengembangan SDM. Segenap ASN diminta untuk menyesuaikan diri dengan perubahan teknologi. “Belajar teknologi itu tidak sulit. Hanya perlu trial and error,” katanya. —iq