Barung Putri MIN 4 Banjarnegara Ikuti Festival Keterampilan Pramuka Inovatif 2021

Banjarneagra –  Barung putri MIN 4 Banjarnegara mengikuti ajang festival Keterampilan Pramuka Inovatif Tahun 2021 untuk tingkat siaga yang diselenggarakan oleh Kwartir Cabang Banjarnegara, Senin,(20/9). Dalam hal ini, pangkalan MIN 4 Banjarnegara ditunjuk sebagai wakil dari Kwartir Ranting Punggelan untuk barung putri, sedangkan untuk barung putra diwakili oleh Barung Putra dari pangkalan SD Negeri 1 Sidarata Kecamatan Punggelan.

Hal yang sangat membanggakan bagi MIN 4 Banjarnegara, sebab dipercaya untuk mewakili Kwartir Ranting Punggelan. Demikian pula bagi anak-anak usia siaga, yang setelah sekian lama mereka tidak aktif pada kegiatan kepramukaan karena pandemi. Sebab itulah, semua warga MIN 4 Banjarnegara menyambut kegiatan Festival Keterampilan Pramuka Inovatif ini dengan penuh suka cita.

Adapun kegiatan yang dilombakan dalam festival tersebut ada dua, yaitu Pioneering dan Hasta Karya dari stick es krim. Kegiatan diikuti oleh 8 siswa dengan klasifikasi 6 siswa untuk lomba pioneering dan 2 siswa untuk lomba hasta karya. Festival dilaksanakan di pangkalan masing-masing dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Proses penilaian dilakukan secara online dengan mengirimkan video rekaman kepada juri di tingkat kabupaten.

Saryono, selaku pengurus Kwarran Punggelan sekaligus pelatih kegiatan festival mengatakan, bahwa tujuan dilaksanakannya festival tersebut adalah untuk melatih mental dan kedisiplinan anak dengan membekali mereka dengan keterampilan pramuka dasar.

“Anak-anak MIN 4 Banjarnegara ini sungguh luar biasa, hanya dalam waktu kurang lebih 5 hari latihan, tapi mereka sudah bisa membuat sebuah tiang bendera dari tongkat pramuka yang dapat berdiri kokoh,” ujarnya

Beliau berharap anak-anak siaga ini bisa menjadi kader pramuka penggalang yang siap berlaga di masa yang akan datang. (as/ak/rf)

.