10 Besar Kafilah MTQ Jateng 2022

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Jateng tahun 2022 digelar pada (22-25/7) di Kota Semarang, diikuti oleh 832 peserta dari berbagai kafilah kota/kabupaten se-Jateng.

Pelaksanaan lomba MTQ XXIX Jateng tahun 2022 ini menggelar 16 cabang lomba, yakni Tartil Al- Qur’an, Tilawah Anak, Tilawah Remaja, Tilawah Dewasa, Tilawah Tuna Netra, Qiraat Murattal, Hafalan 1 Juz & Tilawah, Hafalan 5 Juz & Tilawah, Hafalan 10 Juz, Hafalan 20 Juz, Hafalan 30 Juz, Fahm Al-Qur’an, Tafsir dan Hafalan, Syarh Al-Qur’an, Seni Kaligrafi, dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, diikuti oleh berbagai jenjang, mulai dari anak-anak hingga mahasiswa.

Berdasarkan surat keputusan dewan hakim musabaqah tilawatil qur’an Provinsi Jawa Tengah XXIX tahun 2022 nomor 01/DH/VII/2022 yang disampaiakan oleh Sekretaris Dewan Hakim, Badrus Salam, berikut daftar peringkat 10 besar MTQ Jateng 2022 beserta perolehan skor nilainya :

1. Peringkat I Kota Semarang dengan skor 109

2. Peringkat II Kabupaten Pati dengan skor 48

3. Peringkat III Kabupaten Kudus dengan skor 41

4. Peringkat IV Kabupaten Rembang dengan skor 28

5. Peringkat V Kabupaten Karanganyar dengan skor 17

6. Peringkat VI Kabupaten Demak dengan skor 16

7. Peringkat VII Kabupaten Temanggung dengan skor 14

8. Peringkat VIII kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Semarang  dengan skor 13

9. Peringkat IX Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Kebumen dengan skor 12

10. Peringkat X Kabupaten Purworejo Kabupaten Kendal dengan skor 11

Penghargaan diberikan oleh Wakil Gubernur selaku Ketua Umum MTQ, Taj Yasin Maimoen didampingi oleh Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad dan Wakil Walikota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin mengucapkan selamat kepada seluruh kafilah yang sudah berhasil meraih prestasi. Tetapi, pihaknya mengingatkan agar mereka tidak terlalu cepat puas. Sebab, masih ada MTQ tingkat nasional yang menjadi ajang pembuktian prestasi selanjutnya. MTQ tingkat nasional itu akan diselenggarakan di Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober 2022

“Panjenengan semua nanti yang akan mewakili Jawa Tengah. Saya berharap, mulai saat ini, mulai malam ini, siapkan. Terus belajar, tingkatkan kualitas dan mutu panjenengan semua. Dan buktikan bahwa kesuksesan pada malam hari ini berlanjut pada kesuksesan di MTQ tingkat nasional nanti,” ujar Taj Yasin.

Taj Yasin menambahkan, ajang MTQ jangan hanya dianggap sebagai perlombaan. Dia menyampaikan, MTQ merupakan media efektif untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an yang membawa ketenangan hati bagi umat Islam.

“MTQ ini bisa menjadi media syiar agama yang bagus, sehingga pantas mendapat perhatian dari berbagai pihak terkait,” tutupnya.

BRF