111 Peserta Lolos Seleksi Paskibraka Kota Pekalongan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KOTA PEKALONGAN – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekalongan telah melaksanakan seleksi awal administrasi, tes parade, wawasan kebangsaan, hingga intelegensi umum, bagi calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota Tahun 2023.

Kepala Kesbangpol setempat, M. Taufiqu Rochman menjelaskan, usai tes seleksi administrasi, selama 2 hari di tanggal 20-21 Maret 2023 lalu telah dilaksanakan tes parade di Gedung Diklat. Dari total 142 orang pada saat tes parade, yang lolos 114 orang.

“Kemudian, pada tanggal 25 Maret ada tes wawasan kebangsaan dan tes intelegensi umum. Dalam tes tersebut, dari 114 orang, ada 1 orang tidak lolos tes wawasan kebangsaan dan 1 orang tidak lolosĀ  tes intelegensi umum, serta 1 orang mengundurkan diri. Sehingga, sebanyak 111 orang dari 152 pendaftar dari awal, lolos ketiga seleksi tersebut.

Taufiq menyebutkan, seleksi selanjutnya akan dilaksanakan usai lebaran, di antaranya tes PBB pada 2 Mei, kesamaptaan pada 4 Mei mendatang, dan 8 Mei terjadwal untuk mengikuti tes wawancara.

Pihaknya menambahkan, hasil secara keseluruhan akan diumumkan setelah seleksi tingkat Provinsi Jawa Tengah, nantinya akan dipilih 72 orang untuk bertugas, saat HUT RI dan Kesaktian Pancasila.

“Dari 111 orang akan terpilih 72 orang. Terdiri dari 45 orang putra, 25 putri. Kemudian, 2 orang akan langsung terseleksi mewakili Kota Pekalongan di paskibraka tingkat Provinsi Jawa Tengah. Semoga ke depan bisa untuk pembinaan ideologi Pancasila, harapannya mereka ini menjadi Duta Pancasila di masing-masing daerah.” pungkasnya. (TIM KP Pemkot/ANT/bd).