15 Anggota DWP Kemenag Rembang Ikuti Tes IVA dan Sadanis

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Rembang– Kesehatan reproduksi sangat penting bagi ibu rumah tangga. Kendati dalam kesehariannya, reproduksi ini rentan terhadap penyakit. Karena itu, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang mengadakan kegiatan tes IVA dan sadanis gratis.

Kegiatan ini berlangsung di Puskesmas 1 Rembang pada Rabu, 10 Agustus 2022. Kegiatan dimulai pukul 08.00 WIB – selesai. Adapun anggota DWP Kemenag Rembang yang mengikuti tes IVA dan sadanis ini berjumlah peserta 15 orang.

“Peserta tes IVA dan sadanis ini sebelumnya telah kami daftarkan. Hal ini sesuai dengan imbauan ibu Penasihat dan Ketua DWP Kemenag RI,” kata Ketua DWP Kemenag Rembang, Juwarmi Fatah.

Untuk melaksanakan tes IVA dan Sadanis ini, terlebih dahulu diadakan Penyuluhan tentang IVA dan Sadanis oleh petugas tenaga kesehatan puskesmas Rembang 1. Dalam penyuluhan ini, disampaikan pentingnya mengetahui secara dini gejala kanker serviks dan penyakit reproduksi wanita serta kanker payudara pada ibu-ibu rumah tangga.

Usai penyuluhan peserta menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah semua bisa mengikuti pemeriksaan dan berlangsung lancar,” ujar Juwarmi.

Usai pemeriksaan, diadakan webinar tentang IVA dan sadanis secara daring. Semua peserta mengikuti webinar ini dari aula Puskesmas 1 Rembang.

Webinar ini digelar oleh DWP Kemenag RI serentak bersama DWP KEMENAG Kanwil dan Kabupaten/Kota, dan PTKIN di seluruh Indonesia. “Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke 77 oleh DWP Kemenag RI bekerja sama dengan Kemenkes RI,” tandas Juwarmi. (iq/rf)