431 Siswa MAN 1 Kota Pekalongan Diwisuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Pekalongan – Hari yang penuh kebanggaan tiba bagi ratusan siswa MAN 1 Kota Pekalongan, ketika mereka merayakan momen yang sangat dinanti-nantikan, yaitu upacara wisuda tahunan. Madrasah ini, yang dikenal sebagai lembaga pendidikan ternama di Kota Pekalongan, menggelar acara wisuda di gedung H.A. Djunaid Convention justify, Pekalongan, pada Rabu 17 Mei 2023.

431 Siswa dari berbagai Jurusan telah menyelesaikan perjalanan akademik mereka dan siap untuk mengambil langkah berikutnya dalam karir profesional/ kuliah mereka. Acara ini dihadiri oleh Kepala Kemenag Kota Pekalongan, Komite Madrasah, Dewan Guru dan Karyawan serta Keluarga wisudawan.

Upacara dimulai pukul 07.30 pagi dengan prosesi masuk para lulusan yang mengenakan jubah akademik dan topi wisuda dan baju kebaya bagi siswa putri dan baju berjas bagi siswa putra. Kepala Madrasah, memberikan sambutan hangat kepada lulusan dan mengucapkan selamat atas pencapaian mereka. Dalam pidatonya, Mimbar menyampaikan rasa bangganya kepada para lulusan atas dedikasi dan kerja keras mereka selama bertahun-tahun. Ia juga memberikan dorongan kepada mereka untuk terus belajar dan berkembang di masa depan.

Acara tersebut juga dihiasi dengan pidato dari perwakilan Wisudawan. Satrio Zaka dalam kesempatan tersebut menyampaikan ucapan terimakasih yang setulus-tulusnya atas semua ilmu dan bimbingan yang diberikan oleh guru selama mereka belajar di MAN 1 Kota Pekalongan sehingga mampu mengantarkan mereka ke depan pintu gerbang masa depan berikutnya sesuai dengan bidang dan minat masing-masing.

Salah satu momen paling emosional dalam acara wisuda adalah saat paduan suara “Swara Gempita MAN 1 Kota Pekalongan” menyanyikan lagu “Cinta Untuk Mama” hasil aransemen dari 2 guru potensial, Heru Indriawati dan Ninda C Aviani. Wisudawan mendatangi orang tua mereka sembari memberikan bunga dan mengucapkan terima kasih. Tak ayal tangis harupun menghiasi momen tersebut.

Momen lain yang dinanti adalah wisudawan menerima ijazah mereka Satu per satu, nama-nama lulusan diumumkan, dan mereka mengambil langkah maju untuk menerima ijazah dari Kepala Madrasah dan Wali Kelas. Sorak-sorai dan tepuk tangan riuh terdengar ketika para lulusan mengangkat ijazah mereka dengan bangga.

Dalam wawancara singkat setelah upacara, beberapa lulusan berbagi perasaan campur aduk mereka. Petaloka, seorang lulusan dari jurusan IPA mengatakan, “Ini adalah momen yang luar biasa bagi saya. Saya merasa bangga dan bersyukur telah menyelesaikan pendidikan saya. Saya berharap dapat menggunakan pengetahuan dan keterampilan saya untuk membuat perbedaan dalam dunia. Saya juga bersyukur saya sudah di terima di PTN yang saya impikan di UNDIP.”

Wisuda ini juga menjadi kesempatan bagi MAN 1 Kota Pekalongan untuk merayakan prestasi luar biasa para siswanya. Beberapa lulusan menerima penghargaan atas pencapaian akademik.

Dengan wisuda ini, MAN 1 Kota Pekalongan mengirimkan para lulusan mereka ke PTN/ PTS dengan harapan mereka akan menjadi pemimpin masa depan dalam berbagai bidang. Para lulusan diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai yang telah mereka pelajari di Madrasah selama ini. (Aris/An/bd).